10 Spot Scuba Diving Terbaik Sejagat, Nomor 3 dari Indonesia yang Diakui Dunia

Sabtu, Januari 07, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2023 01 05 408 2740658 10-spot-scuba-diving-terbaik-sejagat-nomor-3-dari-indonesia-yang-diakui-dunia-8Lg3rKndKi.JPG

DENGAN
 lautan yang menutupi lebih dari 70 persen permukaan bumi, tidak heran jika di dalamnya terdapat banyak sekali tempat untuk dijelajahi.

Mulai dari terumbu karang yang semarak dipenuhi oleh ikan, hingga bangkai kapal yang menyeramkan di Pasifik.

Anda bisa menemukan itu semua dengan scuba diving. Scuba diving atau singkatan dari self-contained underwater breathing apparatus adalah salah satu cara menyenangkan untuk menjelajahi dunia bawah laut.

Seseorang yang melakukan olahraga scuba diving akan menyelam di bawah permukaan air laut hingga sedalam kira-kira 40 meter.

Selama menyelam, pelaku scuba diving akan bernapas melalui mulut menggunakan alat yang tersambung ke tangki oksigen di punggungnya.

Bagi Anda yang ingin melakukan scuba diving, berikut beberapa rekomendasi scuba diving terbaik di dunia sebagaimana dirangkum Okezone dari Travel and Leisure.

1. Kepulauan Tuamotu, Polinesia Prancis

Jika Anda ingin melihat Dinding ratusan hiu karang abu-abu dengan O2 Fakarava, pari manta besar dengan Tikehau Ocean Tour , dan lumba-lumba liar dengan Pusat Menyelam Rangiroa, Anda bisa menjelajahi Kepulauan Tuamotu sebagai jawabannya.

Kepulauan Tuamotu merupakan tempat yang dituju untuk sensasi bawah air terbesar di Polinesia, Perancis. Kepulauan ini terletak di Samudera Pasifik, dengan luas wilayah 850 km².

2. Palau

Snorkeler mengenal Palau karena Danau Ubur-uburnya yang terkenal. Tidak hanya itu, mendayung Palau dapat membawa Anda ke Rock Islands untuk menjelajahi situs yang jarang dikunjungi.

Anda juga akan menemukan Sam's Tours dan Fish 'n Fins, yang merupakan dua dari toko selam terlama di Palau yang dapat mempercepat Anda ke lokasi penyelaman paling ikonik seperti Blue Corner.

Di sini Anda akan melihat kehidupan laut yang melimpah, seperti hiu, kumpulan ikan besar, pari-pari, dan banyak lagi. Bahkan, Pala juga telah disamakan dengan Serengeti bawah air.

3. Kepulauan Raja Ampat, Indonesia

Dari Bali dan Lombok hingga Sulawesi dan Komodo, Indonesia adalah pusat scuba diving terbaik dunia, dan tidak ada tempat di planet ini seperti Raja Ampat, di Papua Barat.

Situs menyelam di wilayah terpencil dilengkapi dengan taman karang yang masih asli, kehidupan ikan yang padat, dan lanskap karst yang megah dikelilingi oleh laut biru kehijauan. Resort Misool adalah tempat menginap yang spektakuler karena dikelilingi oleh terumbu karang tepat di depan pintu bungalo.

Meridian Adventure memiliki akomodasi homestay dan hotel butik yang luar biasa yang dapat melayani para penyelam. Jika Anda ingin menyelami keajaiban Raja Ampat melalui kapal selam liveaboard (di mana Anda tidur di atas kapal, menyelam, makan, dan ulangi) untuk mendapatkan sebanyak mungkin waktu di bawah air.

Damai dan Arenui ,kedua kapal pinisi klasik Indonesia, adalah pilihan terbaik. Aqua Expeditions adalah pilihan tepat untuk sesuatu yang lebih mirip kapal pesiar untuk menyelam dan menjelajahi daerah tersebut.

4. Maladewa

Maladewa menyajikan beberapa scuba diving terbaik di dunia, sekitar North Male Atoll, Baa Atoll, Hanifaru Bay, Ari Atoll, dan seterusnya. Pari manta, hiu paus, dan hiu karang (oh my!) semuanya ada dalam campuran penyelam di sini.

Anda juga bisa menginap di vila di atas air di resor mewah seperti Hilton Maldives Amingiri Resort & Spa atau Pulau Jumeirah Maldives Olhahali atau lebih memilih menginap mewah di laut di atas kapal selam liveaboard yang luar biasa seperti, Scubaspa.

5. Azores, Portugal

Azores adalah kepulauan vulkanik yang megah milik Portugal dan terletak sekitar 850 mil lepas pantai dari daratan yang dikelilingi lautan. Jadi, tidak heran jika beberapa penyelam yang sangat luar biasa datang ke sini.

Portugal Dive dapat mengatur ekspedisi berbasis darat dari pulau-pulau seperti Terceira, Pico, dan São Miguel dan mengirim Anda naik kapal katamaran Air & Angin yang indah untuk menyelam di antara hiu paus, pari, dan keajaiban laut lainnya.

6. Tobago

Dalam hal penyelaman Karibia, beberapa pulau dapat menawarkan kegembiraan Tobago yang terkenal dengan penyelaman melayang dan kehidupan laut yang subur serta mencakup campuran spesies Karibia dan Amerika Selatan.

Penyelam scuba yang tidak tahu apa-apa memiliki pulau tropis di tenggara Karibia di radar mereka untuk melihat salah satu karang otak terbesar di dunia di lokasi penyelaman yang disebut Coral Garden.

Anda bisa mengunjungi Tobago bersama tim penyelaman Tobago dari Tobago Dive Experience untuk mengintip di bawah air, situs-situs seperti Taman Jepang yang penuh dengan karang dan kipas besar yang sehat, dan situs-situs yang lebih terpencil di sekitar Saint Giles, di mana Anda mungkin melihat martil bergigi.

7. Kepulauan Galapagos

Meskipun lengkungan batu yang terkenal, Darwin's Arch, runtuh pada tahun 2021, beberapa penyelaman scuba terbaik di dunia masih menunggu di perairan tepat di bawah lokasi ikonik saat Anda menuju ke Kepulauan Galapagos yang luar biasa di Ekuador.

Penyelam scuba yang suka berada di air dengan hewan besar dan tidak keberatan suhu air cepat yang dapat turun ke kapal selam liveaboard tahun 60-an seperti Galapagos Sky dan kapal pesiar Calipso untuk menyelam dengan kehidupan laut yang mencakup iguana laut endemik, penguin, mola-mola , hiu Galapagos, hiu paus, hiu sutra, hiu martil sekolah, pari manta, dan masih banyak lagi.


8. Kepulauan Cocos, Kosta Rika

Kepulauan Cocos Kosta Rika terletak lebih dari 340 mil lepas pantai Pasifik negara itu, dan perjalanannya layak untuk beberapa penyelaman paling mendebarkan di Bumi.

Satu-satunya cara bagi penyelam untuk mencapai lokasi terpencil ini adalah dengan kapal scuba diving liveaboard seperti Okeanos Aggressor I atau Okeanos Aggressor II yang berangkat dari kota daratan Puntarenas untuk perjalanan 36 jam.

Begitu Anda tiba, kesempatan untuk melihat kawanan ikan martil, pari manta, hiu paus, dan ikan pelagis lainnya dalam jumlah besar membuat perjalanan panjang itu sepadan.

9. Kepulauan Socorro dan Revillagigedo, Meksiko

Ini adalah perjalanan panjang lainnya dengan kapal selam liveaboard untuk mencapai pulau-pulau terpencil milik Meksiko.

Pulau-pulau vulkanik tetangga Kepulauan Socorro dan Revillagigedo terletak sekitar 240 mil dari ujung selatan Semenanjung Baja California, dengan perairan kaya plankton di sekelilingnya yang menarik hewan-hewan laut besar seperti pari manta, hiu sutra, paus bungkuk, dan lumba-lumba hidung botol.

Operator liveaboard teratas yang secara teratur mengunjungi kawasan ini termasuk Pacific Fleet dan Nautilus Dive Adventures.

10. Baja California Sur, Meksiko

Untuk penyelaman darat yang spektakuler di Laut Cortez dan Samudera Pasifik di lepas Semenanjung Baja California, pergilah ke Baja California Sur.

Di sini, Anda dapat menyelam bersama singa laut dan mengamati paus di sekitar Cabo San Lucas dengan Ekspedisi Ninja Selam, masuk ke dalam air bersama hiu paus di La Paz dengan Red Travel Mexico, dan bahkan mungkin melihat paus biru di perairan sekitar Loreto bersama Blue Nation, toko selam top lainnya di wilayah ini.

Ada alasan mengapa Jacques Cousteau pernah menyebut Laut Cortez sebagai 'akuarium dunia'. Jika ingin tahu apa alasannya, menyelamlah maka Anda pun akan menemukan jawabannya!


Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: