28 Tahun Hilang Kontak, TKW di Pinrang Kembali Bertemu Keluarganya

Kamis, Januari 05, 2023 Majalah Holiday 0 Comments


Pinrang - Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) bernama Timang dilaporkan hilang oleh keluarganya selama 28 tahun saat bekerja di Malaysia. Timang akhirnya bertemu dengan keluarganya berkat postingan di media sosial (medsos).

"Benar, Bu Timang itu keluarga kami yang hilang kontak selama 28 tahun dia di Malaysia bekerja," ungkap keponakan Timang, Lia saat dikonfirmasi detikSulsel

Lia menjelaskan awal mula hilang kontak saat Timang ke negara Malaysia yang masih berumur sekitar 15 tahun. Saat itu ia nekat ikut bersama temannya ke Malaysia untuk mencari pekerjaan tetapi tidak memiliki dokumen lengkap.

"Kami kan dulu ya secara ekonomi kurang, jadi itu tante ke Malaysia bersama teman mencari kerja," paparnya.

Seiring berjalannya waktu, saat teman yang menemaninya kembali ke kampung halaman di Pinrang, Timang masih tinggal di Malaysia. Suatu ketika ia ditangkap karena tidak memiliki dokumen kewarganegaraan Malaysia yang resmi.

"Ternyata dia sempat ditangkap dua kali di Malaysia, karena kan dia nda ada dokumen resmi. Sudah sempat menikah dengan warga negara Filipina juga," imbuhnya.

Pihak keluarga yang kemudian merasa kehilangan kontak, memposting di media sosial Facebook di tahun 2022 lalu, bahwa sedang mencari seorang anggota keluarga bernama Timang di Malaysia. Suami Timang saat itu menghubungi pihak keluarga Timang bahwa Timang masih hidup.

"Saya posting di medsos kemudian melalui perantara ada komunikasi dengan suaminya menelpon ke saya. Dia bilang Timang masih hidup dan ada di Malaysia," jelasnya.

Mengetahui bahwa Timang masih hidup, Lia kemudian mencari kontak Kedutaan Indonesia di Malaysia dibantu oleh pihak pemerintah desa Ulusaddang dan Kecamatan Lembang. Setelah melalui proses komunikasi yang panjang akhirnya pihak kedutaan membawa Timang kembali ke Pinrang.

"Kami dibantu Pak Desa Ulusaddang dan Camat Lembang ke pihak kedutaan dan berjalan lancar hingga akhirnya tante saya ini bisa kembali pulang ke Desa Ulusaddang (Kabupaten Pinrang)," jelasnya.

Sumber : detik.com

0 comments: