3 Daerah Tersepi di Bali, Jauh dari Keramaian dan Cocok Buat Healing

Rabu, Januari 11, 2023 Majalah Holiday 0 Comments


https: img.okezone.com content 2023 01 09 408 2743087 3-daerah-tersepi-di-bali-jauh-dari-keramaian-dan-cocok-buat-healing-hP7Aqeklbq.jpg

SEDIKITNYA ada 3 daerah tersepi di Bali. Provinsi yang jadi tujuan wisata internasional ini memiliki delapan kabupaten dan satu kota. Selama ini memang Bali selalu ramai dikunjungi wisatawan dari mancanegara maupun sepenjuru nusantara.

Namun, Bali masih memiliki beberapa daerah yang relatif sepi karena dilihat dari statistika jumlah penduduknya. Karena masih agak sepi, tentu saja daerah ini cocok buat healing karena jauh dari kebisingan.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali yang dirangkum dalam publikasi berjudul Provinsi Bali Dalam Angka 2022, pada 2021 Provinsi Bali dengan delapan kabupaten dan satu kota memiliki jumlah penduduk sebanyak 4,326 juta jiwa.

Dari jumlah tersebut, terdapat tiga daerah dengan jumlah penduduk paling sedikit di Provinsi Bali. Dengan jumlah ini maka daerah-daerah tersebut diasumsikan sebagai daerah tersepi. Berikut tiga daerah yang dimaksud:

1. Kabupaten Jembrana

Kabupaten Jembrana merupakan daerah yang berada di ujung Barat pulau Bali dan berdekatan dengan Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur. Daerah ini pada 2020 memiliki 317 ribu jiwa. Setahun kemudian, tepatnya pada 2021 jumlah penduduk di Kabupaten Jembrana rupanya meningkat menjadi 321 ribu jiwa.

2. Kabupaten Bangli

Selanjutnya adalah Kabupaten Bangli dengan jumlah penduduk di tahun 2021 sebanyak 262 ribu jiwa saja. Jumlah tersebut rupanya mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 258 ribu jiwa di tahun 2020.

Kabupaten Bangli sendiri menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Bali yang tidak memiliki laut. Meski demikian, wisata alam di Bangli tak kalah menarik. Di sini Anda bisa menikmati keindahan Gunung Batur yang berlokasi di Kecamatan Kintamani. Gunung Batur sendiri telah ditetapkan UNESCO sebagai Taman Bumi Global Geopark Network (GGN) pada 2012 lalu.


3. Kabupaten Klungkung

Daerah tersepi di Bali adalah Kabupaten Klungkung. Pasalnya, kabupaten ini hanya memiliki 210 ribu penduduk saja per 2021. Sedangkan pada 2020 jumlahnya hanya sebanyak 206 ribu penduduk.

 Ilustrasi

Padahal Kabupaten Klungkung terkenal dengan wisata pantainya yang indah. Salah satu yang menyita perhatian turis adalah Nusa Penida yang keindahannya tak diragukan lagi.

Demikian pembahasan mengenai 3 daerah tersepi di Bali.


Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: