30 Tempat Wisata Malang dan Batu, Wajib Dikunjungi di 2023!

Selasa, Januari 10, 2023 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Malang selain terkenal karena sebagai kota yang besar, kota ini pun terkenal sebagai daerah yang memiliki suasana yang sejuk dan indah.
Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Selain terkenal karena sebagai kota yang besar, kota ini pun terkenal sebagai daerah yang memiliki suasana yang sejuk dan indah.

Mulai dari bentang alam dataran tinggi, pantai yang indah, serta wisata di tengah kota yang berlimpah, semua hal tersebut terdapat di kota ini. Wisata urban yang modern dan wisata alam yang sangat indah terpadukan dengan baik di Kota ini, membuat Malang menjadi tujuan para traveler.

Mungkin dari kamu sudah mengenal beberapa tempat wisata yang terkenal di Malang, seperti misalnya Bromo, Jatim Park, ataupun lainnya. Tetapi belakangan ini wisata di Malang makin berkembang dan menarik.

Penasaran ada wisata apa saja yang cocok dikunjungi di tahun 2023? Simak artikel secara lengkap ya!

1. Omah Kayu Paralayang, Batu
Datsun Risers Expedition 2 berkesempatan mengunjungi Paralayang dan Omah Kayu di Kota Batu. Foto: Hasan Al Habshy
Mungkin ini menjadi keinginan masa kecil dari banyak orang, yaitu tinggal di rumah pohon. Di mana suasana yang dekat dengan alam, sejuk, dan pengalaman yang berbeda membuat banyak dari kita menginginkan hal tersebut.

Sayangnya membuat rumah pohon sendiri terbilang susah dan ribet, karena tak banyak pohon dan medan yang sesuai untuk kita buat rumah pohon. Namun untuk saat ini, traveler tidak perlu membuatnya sendiri untuk dapat menikmati kehidupan di atas pohon.

Kamu bisa menikmati hal ini dengan cara menginap di Omah Kayu Paralayang, Batu. Wisata ini menyediakan 6 buah rumah pohon yang indah dan masing-masing mampu menampung 3 orang.

Suasana dekat dengan alam bisa kamu rasakan, karena wisata ini bertempat di daerah hutan pinus dan begitu pula rumah pohonnya didirikan di atas pohon pinus yang kokoh.

Fasilitas di tempat ini adalah tersedia kamar tidur yang cukup lebar dan juga peralatan makanan, selain itu terdapat pula kamar mandi dengan fasilitas air panas di bagian luar kamar. Ditambah balkon yang berguna untuk duduk-duduk santai cocok untuk memanjakan mata melihat indahnya pemandangan sekitar.

Lokasi: Jl. Gunung Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu

Harga: Kamar mulai Rp 350 ribu per malam (Senin - Kamis), Rp 450 ribu (Jumat - Minggu) kapasitas dua orang

2. The Onsen Hot Spring Resort
The Onsen Hot Spring Resort Batu. Foto: (Dok. The Onsen Hot Spring Resort Batu)
Ingin menikmati suasana Jepang tetapi dipadukan dengan keindahan Malang? Kamu bisa banget berkunjung ke The Onsen Hot Spring Resort. Resort ini pun dapat menjadi opsi bagi kamu yang ingin berlibur ke Jepang namun memiliki budget yang terbatas.

Memangnya semirip apa sih resort ini dengan mengunjungi Jepang secara langsung? Di sini kamu dapat melihat berbagai arsitektur dan ornamen khas jepang, seperti gerbang torii yaitu gerbang khas jepang, belajar kesenian khas jepang yaitu ikebana dan origami, merasakan tidur di ryokan khas jepang, atau menikmati sashimi bersama teh hijau yang menghangatkan.

Selain itu kamu pun dapat menghias diri dengan pakaian khas Jepang, yaitu yukata dan juga melakukan aktivitas merendam tubuh di onsen alami, seperti yang sering dilakukan di Jepang.

Resort ini akan memberikan pengalaman kamu menginap se-jepang mungkin, bahkan hingga arsitektur di dalam penginapan, kamu akan merasa tinggal di dalam film kartun Doraemon misalnya. Siapkan kamera terbaik dan memori yang kosong, karena resort ini memiliki banyak spot foto indah yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Jl. Arumdalu No.98, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu

Harga: Kamar Mulai dari Rp 2 jutaan per malam

3. Lembah Tumpang Resort
Ingin menikmati Malang dengan nuansa khas kerajaan Hindu Kuno? Kamu dapat berkunjung ke Lembah Tumpang Resort. Tempat ini adalah resort sekaligus tempat wisata yang menggunakan tema kerajaan Hindu kuno.

Jika traveler berkunjung ke sini, kamu akan dapat melihat berbagai arsitektur khas pada zaman itu. Kemegahan dari replika candi raksasa, banyaknya patung, dan berbagai ornamen yang khas menambah kesan kuat terkait era zaman tersebut.

Selain menikmati indahnya ornamen yang tersedia, traveler pun dapat menikmati berenang dan bermain di kolam yang dikelilingi oleh candi dan ornamen kuno. Yang mana ini akan memberikan pengalaman menarik untuk setiap yang datang.

Bagi traveler yang ingin bermalam di wisata ini, mereka menawarkan cottage dalam berbagai ukuran yang dapat kamu pilih.

Lokasi: Karang Jambe, Slamet, Tumpang, Malang

Harga: Kamar antara Rp 300 ribu - Rp 1 juta

4. Jambuluwuk Resort, Batu
Ingin menikmati suasana pagi dengan disambut langsung dengan indahnya pegunungan? Mengunjungi Jambuluwuk Resort, Batu, bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu nih traveler.

Resort ini berlokasi tepat di lereng gunung, di mana pemandangan hijaunya gunung dan awan yang indah akan langsung terlihat di depan matamu secara langsung.

Selain itu kamar yang dimiliki resort ini pun terbilang sangat estetik, yaitu karena kamar ini berderet cantik dengan arsitektur kayu membuat sangat indah dipandang di mata. Selain itu terdapat pula infinity pool yang langsung menghadap lembah hijau dan pegunungan.

Tak hanya berhenti di situ, di resort ini pun menyediakan fasilitas dan hiburan lain seperti terdapat gym untuk kamu yang ingin berolahraga, sauna untuk menghangatkan tubuhmu, serta karaoke yang cocok untuk jadi hiburan keluarga. Eits buat kamu yang ingin berolahraga pun dapat memanfaatkan fasilitas lapangan badminton hingga lapangan futsal.

Serta bagi kamu yang ingin melihat indahnya suasana sekitar sembari memacu sedikit adrenalin, kamu dapat mencoba wahana flying fox. Wahana ini akan membawa traveler untuk berseluncur di kabel dan menyuguhkan pemandangan sekitar dengan nuansa yang berbeda.

Lokasi: Jl. Trunojoyo No.99, Songgokerto, Kota Batu

Harga: Kamar mulai dari Rp 1 jutaan per malam

5. Pinus Cafe Ledok Ombo
Ngopi di tengah kota mungkin sudah biasa, namun ngopi di tengah hutan bisa menjadi pengalaman menarik untuk para traveler. Menikmati kopi sembari menghindar dari keriuhan perkotaan, bisa kamu dapati di Pinus Cafe, Ledok Ombo.

Cafe ini berlokasi di dalam kawasan hutan pinus yang sejuk. Nuansa rimbun yang diberikan pohon pinus, ditambah hangatnya hidangan seperti kopi, minuman hangat lain, dan cemilan seperti roti bakar menambah kesyahduan wisata ini.

Selain itu kamu pun dapat melakukan swafoto karena tersedia banyak spot foto yang menarik di sini. Dan bagi kamu yang ingin berlama-lama di wisata ini, kamu pun dapat bermalam di sini karena tersedia camping ground.

Lokasi: Desa Poncokusumo, Kec. Poncokusumo, Poncokusumo, Malang

Jam Operasional: 12.00 - 20.00 (weekdays) dan 09.00 - 22.00 (weekend)

6. Pupuk Bawang Cafe & Dining
Ingin menikmati minuman dan makanan dengan memandangi indahnya suasana hijau dari pegunungan, sawah, serta ladang yang asri? Kamu bisa mengunjungi Pupuk Bawang Cafe & Dining.

Cafe ini terletak di tempat yang cukup jauh dari keriuhan kota, membuat cafe ini bisa dibilang sebagai lokasi wisata hidden gems.

Tempat ini tetap menarik untuk kamu kunjungi kapanpun baik di pagi, siang, sore, hingga malam hari. Ketika pagi kamu akan disuguhkan dengan suasana yang dingin dan sejuk, dan di siang hari suasananya juga tidak terlalu berbeda, tetap sejuk karena berada di dataran tinggi.

Kemudian di sore atau malam hari nuansa sekitar cafe jadi semakin syahdu, karena nyala lampu oranye yang indah akan menerangi sekitar tempat ini.

Selain suasananya yang nyaman, makanan dan minuman di sini pun sangat beragam. Mulai dari camilan seperti Onion Ring, makanan berat seperti Classic Beef Burger, hingga hidangan menarik yang mereka miliki yaitu Ayam Lima Rasa.

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman No.116, Pesanggrahan, Kec. Batu, Kota Batu

Harga: Rp 35 ribu - Rp 90 ribu

Jam Operasional: 10.00 - 00.00

7. Tour De Hotel, Tugu Hotel Malang
Menikmati keindahan seni dan arsitektur di Tugu Hotel malang tanpa perlu menginap? Bisa banget. Hotel Tugu di Malang merupakan tempat yang memang telah terkenal estetik, hal tersebut karena hotel ini terlihat sangat memukau bahkan dari luar.

Tidak seperti hotel bintang 5 pada umumnya, Hotel ini menonjolkan nilai seni dan sejarah yang kental. Dapat terlihat dari dekorasi yang ada di setiap sudut ruang yang didominasi oleh lukisan, dan ornamen yang klasik.

Menginap di hotel ini pastinya akan memberikan pengalaman yang sangat menarik, tetapi bagi kamu yang memiliki budget ataupun waktu terbatas, kamu tetap dapat menikmati keindahan hotel ini dengan memesan paket Tour De Hotel.

Dengan durasi 45 menit, kamu pun akan ditemani oleh seorang tour guide dalam berkeliling dan mengeksplorasi kisah-kisah menarik dari setiap ruangan maupun barang koleksi yang mereka sediakan. Selain itu kamu pun dapat hunting foto di sini, tapi dengan lokasi-lokasi yang diperbolehkan untuk memfoto.

Selepas melihat-lihat berbagai ornamen yang cantik, kamu pun dapat membeli oleh-oleh atau cinderamata dari Art Gallery dan toko souvenir yang mereka sediakan.

Lokasi: Jl. Tugu No.3 Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang

Harga: Rp 115 ribu (tour, tour guide, & voucher makan)

Jam Operasional: 07.00 - 21.00

8. Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field
Banyak dari kamu yang mungkin telah menonton film Lord Of The Ring, keindahan scene dari desa Hobbitown mampu menyihir banyak penonton. Selandia Baru menjadi tempat latar dari film tersebut.

Namun saat ini kamu tak perlu terbang jauh hingga ke Selandia Baru, karena di Malang sekarang telah terdapat wisata yang mirip dengan tempat tersebut. Di wisata ini terdapat rumah khas Hobbit yang lucu dan minimalis. Dibangun di bawah lubang-lubang tanah yang berundak, membuat siapapun penasaran ingin masuk ke dalamnya.

Selain terdapat rumah khas hobbit, di sini terdapat pula banyak kelinci yang berkeliaran. Selain itu terdapat rumah-rumah kelinci yang bisa menjadi wahana pembelajaran bagi anak-anak yang berkunjung.

Lokasi: Pujon, Kota Batu

Biaya: Rp 5 ribu, Sepeda motor Rp 2 ribu dan Mobil Rp 5 ribu

Jam Operasional: 08.00 - 17.00

9. Bukit Nirwana
Namanya yang indah, sebanding lurus dengan pemandangan yang tersuguhkan di wisata ini. Bukit Nirwana memberikan pemandangan yang sanga menakjubkan karena dikelilingi oleh 10 gunung dan kumpulan perbukitan.

Hamparan hijau dari dedaunan dan bukit ditambah biru awan yang cantik akan memanjakan mata bagi siapapun yang berkunjung ke sini. Selain itu terdapat pula berbagai spot foto keren yang cocok untuk kamu abadikan.

Seperti Gardu Pandang Bintang, Kawasan Pagar Bambu, Spot Perahu, dan masih banyak lainnya yang menyuguhkan ornamen yang unik sebagai perpaduan untuk berfoto.

Selain cocok untuk berfoto, di sini pun kamu dapat melakukan aktivitas lain seperti menanam stroberi, seledri, selada, dan sebagainya.

Lokasi; Pujon Kidul, Pujon, Malang

Biaya: Rp 10 ribu

10. Coban Rais
Menikmati air terjun di Malang? Ada juga loh! Yaitu Coban Rais, merupakan air terjun setinggi 20 meter yang menyegarkan. Menikmati air terjun bisa menjadi wahana yang menenangkan bagi para traveler, deburan air yang jatuh dan sebagian air yang melayang ke sekitar membawa suasana sejuk.

Selain itu, sebelum memasuki wahana air terjun, di bagian depan wisata ini juga menyuguhkan berbagai spot foto menarik. Seperti sepeda di udara, ayunan yang tinggi, hingga beberapa spot foto lainnya.

Tips menarik untuk mengunjungi wisata ini adalah ketika cerah, karena jika di saat cuaca sedang hujan terkadang membuat jalan menuju air terjun jadi gelap dan berlumpur.

Lokasi: Jalur Lingkar Barat No.8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu

Biaya: Rp 10 ribu (tiket), Rp 10 ribu (spot foto selfie), dan Rp 2,5 ribu (parkir)

11. Goa Pinus
Menyusuri goa di tengah hutan pinus? Kamu dapat menikmatinya di wahana Goa Pinus.

Wisata ini menjadi objek perbincangan hangat di media sosial, khususnya bagi warga Malang dan sekitarnya. Hal tersebut karena wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah khas hutan pinus dan pemandangan indah Kota Batu yang dapat dilihat dari ketinggian.

Usut punya usut, ternyata pada awalnya tempat ini dikenal sebagai daerah penambangan pasir. Tetapi saat ini daerah ini sudah berhasil menarik perhatian dari para traveler.

Hal tersebut tidak mengherankan karena tempat wisata ini memiliki beragam spot menarik untuk dinikmati ataupun untuk diabadikan. Selain itu bagi kamu yang penasaran akan gua yang dimiliki oleh wisata ini, kamu pun dapat menyusurinya dengan izin kepada pihak pengelola tentunya.

Lokasi: Gunungsari, Bumiaji, ,Kota Batu

Harga: Rp 5 ribu (Tiket masuk), Rp 5 ribu (Spot foto)

12. Batu Night Spectacular
Wisata malam yang terletak di Batu ini menyuguhkan wahana yang menarik dan sangat sayang kamu tinggalkan jika kamu berkunjung ke Malang. Karena di wisata ini menyuguhkan berbagai atraksi menarik dan menyerukan.

Wahana menarik yang mereka miliki seperti rumah hantu, trampolin, hingga Go-Kart. Selain itu pemandangan lampu warna-warni akan memanjakan mata siapapun yang mengunjungi wisata ini.

Wahana ini memiliki luas sekitar 3 ribu meter persegi, yang dapat kamu manfaatkan untuk bermain hingga hunting foto. Selain itu kamu pun dapat menikmati berkulineran di food court yang mereka sediakan, sembari dihibur oleh pertunjukan air mancur yang menari. Wow sangat menarik kan?

Lokasi: Jalan raya Oro Oro Ombo No. 200, Kota Batu

Harga: Rp 30 ribu (Weekdays) & Rp 40 ribu (Weekend)

Jam Operasional: Senin - Kamis, 15.00 - 23.00 & Jumat - Minggu, 15.00 - 24.00

13. Malang Night Paradise
Ingin berwisata di tempat yang tidak terlalu jauh dari pusat kota malang? Kamu dapat mengunjungi Malang Night Paradise. Walaupun telah ada Batu Night Spectacular sebagai wahana yang mengusung konsep yang agak serupa, tetapi Malang Night Paradise memiliki keindahan tersendiri.

Wahana unik yang dimiliki oleh wisata ini seperti misalnya air terjun menari, taman lampion, hingga dino park. Terdapat pula wahana terbaru yaitu Magic Journey yang akan membawa traveler mengelilingi berbagai wisata dengan perahu.

Perahu tersebut akan menyusuri sungai buatan selama 30 menit dan akan melewati tempat-tempat dengan tema berbeda seperti Kastil, Hutan, Avatar, Taman Bunga, Kota Venesia Italia, Jepang, Thailand, Pulau Kalimantan dan hingga akhirnya selesai di Lighting Tunnel.

Lokasi: Jl. Graha Kencana Raya No.66, Blimbing, Kota Malang

Biaya: Rp 50 ribu (Weekdays), Rp 60 ribu (Weekend), Rp 30 ribu (Magic Journey)

Jam Operasional: 18.00 - 23.00

14. Masjid Tiban, Malang
Hadirnya Masjid ini sempat membuat kaget bagi warga Malang dan sekitarnya. Pasalnya, terdapat kabar bahwa masjid ini dibangun dalam semalam saja.

Terlanjur heboh, tetapi akhirnya dibantah oleh pihak pengelola masjid tersebut. Karena ternyata yang membangun masjid ini adalah santri dan jamaah Pondok pesantren Syalafiyah Bihaaru Bahri' Asali Fadlaairil Rahmah.

Masjid ini dijadikan tempat berkunjung oleh banyak orang karena memiliki arsitektur bangunan yang sangat menarik. Bangunan tinggi yang menjulang dengan warna biru dan putih menghiasi bangunan ini. Ditambah gaya arsitektur yang dipakai oleh masjid ini pun mengambil gaya bangunan khas Turki Kuno.

Selain untuk aktivitas peribadatan, wisata ini pun dapat menjadi tujuan wisata keluarga, terdapat berbagai hewan seperti kijang, monyet, kelinci, burung, dan ayam.

Lokasi: Jl. Anggur, Sananrejo, Turen, Malang

15. Kampung Jodipan & Tridi
Berawal dari area yang kusam, namun kini daerah ini bisa dibilang menjadi daerah paling berwarna di Malang. Awal mula wisata ini berasal dari beberapa Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang.

Selain beragam warna cerah yang tertanam di setiap tembok, terdapat pula berbagai mural 3 dimensi dengan bergambarkan T-Rex, Gorilla, Hiu, dan lainnya. Selain itu di kampung ini kamu pun akan menemukan jembatan kaca ala Zhangjiajie Tiongkok.

Untuk mengunjungi dan menikmati keindahan kampung ini, traveler dapat mengunjungi jembatan Embong Brantas yang berlokasi hanya sekitar 500 meter ke arah selatan Stasiun Malang Kota Baru.

Lokasi: Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang

Biaya: Rp 3 ribu

16. Kampung Biru Arema
Terinspirasi dari Kampung Jodipan & Tridi, terdapat pula kampung yang sangat berwarna, yaitu Kampung Biru Arema. Namun berbeda dengan Kampung Jodipan yang memiliki beragam warna, di kampung ini terdapat satu warna saja, yaitu biru.

Warna ini dipilih karena sebagai identitas Kota Malang sendiri yang memiliki klub sepakbola kebanggaan yang identik dengan warna biru, yaitu Arema Malang. Berkunjung ke sini mirip dengan kota romantis CHefchaouen di Maroko ataupun Jodhpur di India, yang mana memiliki warna biru juga di setiap sudutnya.

Selain warnanya yang menarik, terdapat juga berbagai mural yang unik, khususnya mural singa yang menjadi identitas dari Arema.

Lokasi: Kecamatan Blimbing, Kota Malang

Biaya: Rp 2,5 ribu

17. Pantai Mbehi & Teluk Bidadari
Ketika berbicara tentang pantai, banyak yang langsung teringat dengan bali. Padahal, di Pulau Jawa, khususnya Malang, memiliki beragam pantai yang tak kalah cantik pula.

Seperti halnya Pantai Mbehi yang terletak di Malang Selatan, kerap kali dianggap seperti surga tersembunyi di Malang karena belum terlalu banyak orang mengetahui keberadaannya.

Hal tersebut karena lokasi pantai ini berada di balik hutan lindung, sehingga sangat asri dan belum banyak yang mengunjunginya. Selain itu pasir pantai yang putih ditambah air laut biru yang jernih membuat siapapun yang datang menjadi takjub.

Tetapi ketika berkunjung ke pantai ini, traveler perlu melakukan trekking yang cukup panjang terlebih dahulu. Namun perjalanan yang melelahkan tersebut pastinya akan terbayarkan setelah kamu mengunjungi Pantai Mbehi.

Selain pantainya yang indah, terdapat pula dua fenomena yang indah lainnya yang melengkapi pantai ini. Yang pertama adalah adanya sebuah lubang yang menyerupai kawah di tepi karang besar yang di bawahnya langsung permukaan air laut.

Ketika ombak besar datang, maka kawah ini seakan menyemburkan air ke udara. Tetapi bagi traveler yang ingin melihatnya, kamu mesti berhati-hati karena tidak ada pagar pembatas dan medannya cukup curam.

Fenomena cantik lainnya adalah ada tempat yang dinamakan sebagai Teluk Bidadari. Tempat ini merupakan ceruk pada batu karang yang terisi air laut sehingga nampak sebagai kolam renang alami. Jika kamu takut untuk berenang di pantai, maka berenang di sini bisa menjadi opsi kamu menikmati air.

Lokasi: Desa Sumberbening, kecamatan Bantur, Kab. Malang

Biaya: Rp 10 ribu (Kawasan Pantai Mbehi, Rp 100 ribu (Jasa pemandu untuk trekking ke Teluk Bidadari)

18. Pantai Balekambang
Seperti Tanah Lot yang ada di Bali, di Malang pun terdapat lokasi wisata yang mirip sekali dengan Tanah Lot.

Di pantai ini memiliki pulau kecil yang terletak di pinggir pantainya. Selain itu terdapat Pura Amerta Jati yang didirikan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu untuk merayakan berbagai upacara keagamaan.

Keindahan yang dimiliki pantai ini selain karena memiliki kemiripan dengan Tanah Lot, tetapi karena pantainya sendiri yang menyuguhkan keindahan yang menawan. Bahkan saat air laut sedang surut, traveler dapat melihat terumbu karang yang sangat indah di bibir pantainya.

Lokasi: Desa Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang

Biaya: Rp 15 ribu (Masuk pantai Balekambang & Pantai Regent), Rp 5 ribu (Parkir motor), Rp 10 ribu (Parkir Mobil)

19. Pantai Tiga Warna

Berada di kawasan hutan konservasi, membuat pantai ini sangat limited untuk dapat dikunjungi. Bahkan kunjungan para traveler ke sini memerlukan reservasi setidaknya seminggu sebelumnya, atau satu bulan jika kunjungan di akhir pekan.

Hal tersebut agar memastikan jumlah traveler yang berkunjung tidak terlalu banyak, mengingat lokasi pantai ini di kawasan konservasi yang patut dijaga.

Yang jadi menarik dari wisata pantai ini adalah terkait gradasi warna air laut dari biru ke hijau dan putih dari pasir. Namun selain hal ini, terdapat pula hal menarik lainnya seperti terdapat konservasi mangrove yang terdapat di muara pertemuan antara laut dan sungai.

Selain itu dalam mengunjungi pantai ini, kamu harus memanjat bukit dan melakukan perjalanan kurang lebih satu jam dengan berjalan kaki. Tapi tenang saja, perjalanan ini walau terasa melelahkan, tetapi sepanjang perjalanan kamu akan tetap dihibur oleh pemandangan yang sangat indah yang ada di sekitar.

Setelah sampai di pantai tersebut, kamu pun dapat mengobati rasa lelahmu dengan melakukan snorkeling loh. Pemandangan terumbu karang yang alami ditambah berbagai ikan yang akan kamu temui membuat wisata ke sini menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Untuk sewa peralatan snorkeling dan jaket pelampung pun terbilang murah, hanya Rp 15 ribu saja.

Lokasi: Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang

Biaya: Rp 300 ribu (Untuk rombongan 10 orang) yang meliputi (Rp 100 ribu sewa pemandu wisata, Rp 150 ribu sewa lahan dan tenda, Rp 50 ribu tiket masuk 10 orang)

Jam Operasional: 08.00 - 16.00

20. Pantai Banyu Anjlok
Infinity Pool alami, iya beneran ada, tepatnya di Pantai Banyu Anjlok. Pantai ini menyuguhkan wisata yang tak hanya pantai yang indah, tetapi terdapat pula air terjun dan juga kolam alami di puncak air terjun tersebut.

Selain berenang di Pantai tersebut, traveler pun dapat berenang di kolam alami tersebut sembari memandangi hamparan air laut dan pantai yang luas. Selain itu kamu pun dapat menikmati air terjun di bawah kolam tersebut, yang menyegarkan dan sejuk.

Tetapi perlu diingat, walaupun terbilang pantai yang indah, tetapi perjalanan ke tempat ini cukup menantang dan cukup sulit. Walaupun begitu, jika kamu berminat, tempat ini tetap worth it untuk traveler kunjungi.

Lokasi: Dusun Lenggokson, Desa Purwodadi, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang

Biaya: Rp 10 ribu (Tiket), Rp 5 ribu (Motor), dan Rp 10 ribu (Mobil)

21. Jawa Timur Park 1

Wisata ini sudah sangat terkenal bagi banyak orang dan bahkan terkadang menjadi alasan wisatawan untuk datang ke Malang. Jawa Timur Park 1 (Jatim Park 1) memiliki 55 buah wahana yang menarik untuk kamu nikmati. Mulai dari wahana sains atau sejarah yang interaktif, wahana olahraga, hingga wahana yang mampu mengaduk-aduk perut pengunjung.

Selain wahana hiburan, di Jatim Park 1 ini memiliki berbagai wahana seperti wahana ilmu pengetahuan, budaya, serta sejarah. Hal tersebut karena Jatim Park 1 ini memiliki motto sebagai 'Taman Belajar dan Rekreasi'.

Misalnya saja di Galeri Etnik Nusantara, traveler yang berkunjung ke sini akan diajak berkeliling dari Sabang - Merauke untuk melihat ragam kekayaaan budaya di Indonesia. Selain itu terdapat beragam wahana lainnya yang dapat kamu eksplorasi dalam satu hari penuh.

Lokasi: Jalan Kartika 2, Kota Wisata Batu, Kota Batu

Biaya: Rp 70 ribu (Weekdays) dan Rp 100 ribu (Weekend)

Jam Operasional: 08.30 - 16.30

22. Jawa Timur Park 2
Walaupun sama seperti Jatim Park 1 yang mengusung tema sebagai taman belajar dan rekreasi, tetapi Jawa Timur Park 2 (Jatim Park 2) lebih berfokus untuk mengenalkan lingkungan hidup dan satwa kepada pengunjung. Bagi kamu yang ingin berwisata dengan menghindari permainan air, mengunjungi Jatim Park 2 bisa menjadi opsi yang bagus.

Bagi para traveler yang berkunjung ke sini, biasanya akan dimulai dari Museum Satwa yang menampilkan diorama dari satwa liar beserta habitatnya. Patung di sini pun juga mengambil konsep ukuran yang sama dengan perkiraan hewan itu hidup di masa lalu. Sehingga jangan kaget kalau kamu menemukan dinosaurus yang sangat besar di sini hehe.

Selain itu terdapat pula kebun binatang yang dihuni oleh hewan-hewan asli seperti ratusan spesies burung dari penjuru dunia, singa, harimau, macan tutul, ular, hingga gajah.

Lokasi: Jalan Oro Oro Ombo No.9, Kelurahan Temas, Kec. Batu, Kota Batu

Biaya: Rp 84 ribu (Weekdays) dan Rp 120 ribu (Weekend)

Jam Operasional: 10.00 - 18.00

23. Jawa Timur Park 3

Bagi kamu yang sangat antusias dengan dunia Dinosaurus dan hal-hal berbau prasejarah. Berkunjung ke Jawa Timur Park 3 (Jatim Park 3) bisa menjadi hal yang sangat cocok nih untuk para traveler.

Sekilas tempat ini mirip seperti mini Jurassic Park, hal tersebut karena terdapat banyak dinosaurus replika di wisata ini. Jika traveler tertarik dan penasaran terkait dinosaurus ini, kamu pun dapat menaiki wahana jelajah 5 zaman dan belajar perkembangan para dinosaurus di era prasejarah.

Selain mengunjungi wahana jelajah 5 zaman, kamu pun masih bisa menikmati wahana lain seperti Dunia Zaman Es. Wahana ini menunjukkan suasana pada zaman Es yang dingin.

Tak berhenti di situ, traveler pun dapat menikmati berbagai suasana luar negeri karena terdapat berbagai lokasi miniatur negara-negara di dunia seperti Little India, Amsterdam, hingga korea dan Jepang.

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Junrejo, Kota Batu

Harga: Rp 75 ribu (Weekdays) & Rp 100 ribu (Weekend)

Jam Operasional: 10.00 - 18.00

24. Museum Angkut

Belum ke Malang kalau kamu belum mengunjungi Museum Angkut. Karena wisata ini merupakan yang terpopuler di kalangan para traveler yang berkunjung ke Malang. Museum ini menyuguhkan berbagai alat transportasi baik sepeda, motor, mobil, hingga helikopter.

Yang jadi semakin unik adalah museum ini memiliki lahan seluas 3,8 hektar dan memiliki koleksi 300 kendaraan dari berbagai era dan juga berbagai negara.

Terdapat delapan titik pameran yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Misalnya saja Main Hall yang menampilkan berbagai kendaraan antik, ataupun Educational Hall yang bisa menjadi tempat mempelajari sejarah transportasi. Sedangkan di Euro Zone kamu dapat menemukan berabagai ijenis mobil khas Negara Eropa, seperti Range Rover yang pernah digunakan Ratu Inggris.

Selain itu, di luar bangunan museum terdapat pula wilayah Pasar Apung yang dapat traveler kunjungi. Di lokasi ini traveler dapat mengarungi sungai dengan perahu yang disediakan.

Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Kec. Batu, Kota Batu

Harga: Rp 70 ribu (Weekdays) & Rp 100 ribu (Weekend)

Jam Operasional: 12.00 - 20.00

25. Madam Wang Secret Garden
Butik sekaligus cafe estetik ini pastinya akan menjadi favorit bagi para wanita ketika berwisata di Malang. Hal tersebut karena nuansa estetik dari bunga, daun, hingga pernak - pernik khas wanita sangat kental di sini.

Bahkan ketika memilih tempat duduk ataupun meja pun pastinya membuat para pengunjung bingung untuk memilih. Suasana Indoor yang nyaman dan penuh ornamen yang cantik, atau suasana outdoor yang sejuk, nyaman, dan tak kalah indah.

Makanan di sini pun tak kalah estetik dengan suasana dari cafe ini sendiri. Terdapat makanan seperti roti bakar ice cream, arum manis, serta es serut yang dibentuk mirip beruang.

Selain menikmati suasana cafe, traveler yang berkunjung ke sini pun dapat melihat-lihat butik kecil yang mereka miliki, yang menjual berbagai koleksi kain ataupun benang untuk kamu yang tertarik untuk menyulam.

Lokasi: Jl. Telomoyo No.12, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang

Harga: Rp 15 ribu - Rp 30 ribu

Jam Operasional: 08.00 - 22.00 (Senin - Kamis), 08.00 - 16.00 (Jumat), 18.00 - 23.00 (Sabtu), 09.00 - 22.00 (Minggu)

26. Toko Oen Malang

Selain keindahan wisata alam yang dimiliki, Malang pun memiliki keindahan kuliner dan juga sejarah yang cukup panjang. Es Krim Toko Oen Malang salah satu contohnya.

Berada tepat di pusat Kota Malang, berseberangan dengan Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Kayutangan. Jika traveler mengunjungi toko ini, maka kamu akan langsung disuguhkan dengan nuansa bangunan tua klasik yang membawamu bernostalgia dengan suasana lampau.

Toko ini terkenal karena memiliki es krim yang dibuat dengan resep dan diolah sendiri sejak 1930. Menikmati es krim di sini dapat melepaskan dahaga dari haus dan juga dahaga kenangan yang tertinggal di Kota Malang.

Selain es krim, di sini pun kamu dapat menikmati berbagai makanan klasik seperti Gado-gado, Nasi Semur Lidah, Nasi Sop Buntut, Es Sirup, Es Campur, dan lain sebagainya yang patut kamu coba.

Lokasi: Jl. Jend. Basuki Rahmat 5, Kota Malang

27. Taman Labirin Coban Rondo, Pujon
Mungkin traveler pernah merasakan berwisata ke Malang, tetapi pernah gak sih kamu tersesat di Malang? Hehe. Cobain wahana satu ini bisa membuat kamu tersesat loh di Malang.

Namanya adalah Taman Labirin Coban Rondo, merupakan wisata yang menyuguhkan labirin untuk kamu susuri. Tapi tenang saja, buat kamu yang ke sini, kamu tetap dapat keluar dari labirin ini dengan bantuan kerabatmu loh.

Minta lah pertolongan kepada kerabat untuk mengarahkanmu dari menara pandang di sisi taman. Dengan kekompakan kamu dan kerabatmu yang mengarahkan, maka kamu dapat melalui labirin ini dengan selamat loh.

Tempat ini bisa menjadi wahana bermain, taman labirin ini pun sangat indah untuk menjadi lokasi berfoto-foto. Selain terdapat taman labirin, wisata ini pun memiliki air terjun coban rondo yang memiliki ketinggian sekitar 90 meter.

Lokasi: Wana Wisata Coban Rondo, Kec. Pujon, Kab. Malang

Harga: Rp 10 ribu

Jam Operasional: 08.00 - 17.00

28. Budug Asu
Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan perbukitan di Malang tetapi tidak ingin effort terlalu besar seperti menaiki gunung, nah berwisata ke Budug Asu bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu.

Tempat wisata ini belum terlalu ramai dan masih cukup asing bagi wisatawan kebanyakan, sehingga menjadi tempat terbaik untuk healing dan hilang sejenak. Budug Asu juga menjadi tempat yang sangat cocok untuk berkemah, karena di wisata ini memiliki beberapa tempat yang cocok untuk berkemah.

Dengan berwisata di sini traveler akan disuguhkan oleh rimbunnya hutan pinus yang menjadi jalan masuk, ditambah hijaunya kebun teh yang membentang luas dan Gunung Arjuna yang begitu megah untuk dilihat, menjadikan Budug Asu menjadi lokasi wisata yang patut kamu kunjungi ketika berada di Malang.

Lokasi: Kreweh, Gunungrejo, Singosari, Malang

Harga: Rp 15 ribu

29. Paralayang Gunung Banyak, Batu
Banyak dari kita yang ingin merasakan pengalaman terbang dan melihat suasana kehidupan dari atas awan. Sebenarnya dengan menaiki pesawat, seseorang sudah dapat merasakan hal tersebut, tetapi terbang dengan Paralayang memberi experience yang lebih menegangkan dan memorable.

Dengan mengunjungi Gunung Banyak, maka kamu pun dapat merasakan terbang di atas kota Malang. Bagi kamu yang masih pemula, tenang saja, kamu dapat tandem dengan pemandu paralayang.

Tetapi sebelum melakukan terbang layang, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu pakaian yang nyaman, mental dan juga nyali yang kuat. Jadi ketika memutuskan untuk terbang layang, kamu gak boleh ragu-ragu nih traveler!

Gunung Banyak ini menjadi lokasi yang paling tepat untuk paralayang karena kondisi angin yang sangat ideal. Namun untuk melakukan paralayang, ada baiknya traveler mencari atau menghubungi jasa terbang paralayang di Internet terlebih dahulu.

Lokasi: Gunung Banyak, Malang

Biaya: Rp 5 ribu (Masuk), Rp 400 ribu (paralayang)

Jam Operasional: 09.00 -17.00

30. Gunung Bromo
Gunung Bromo. Foto: Getty Images/Robertus Pudyanto
Gunung Bromo merupakan wisata paling ikonik bagi Malang dan menjadi alasan banyak traveler berkunjung ke Malang.

Hal tersebut tidak mengherankan karena Gunung Bromo menyuguhkan berbagai keindahan bentang alam yang sangat luar biasa. Gunung dengan ketinggian 2.392 meter ini memiliki padang pasir yang sangat luas.

Untuk menyusuri padang pasir yang luas ini, para traveler dapat mengendarai mobil jip, motor trail, hingga dengan menunggangi kuda. Selain memiliki padang pasir, terdapat pula padang savana yang menyuguhkan keindahan rumput yang luas.

Walaupun terletak di pinggir kawah dan memiliki padang pasir yang sangat luas, tetapi suasana iklim di wisata ini sangat dingin dan sejuk. Terlebih bagi kamu yang berkunjung untuk mengejar sunrise di pagi hari, pastikan kamu membawa jaket tebal dan sarung tangan untuk menghangatkan dirimu ya traveler!

Ketika kamu ingin mengejar indahnya sunrise di Bromo, ada baiknya kamu sudah bergegas dari sebelum subuh. Biasanya jika kamu menggunakan penyewaan jip, sekitar pukul 3 kamu pun sudah dapat dijemput oleh para pengemudi tersebut.

Kemudian setelah menyusuri Bromo di pagi hari dengan menggunakan jip, kamu pun nanti perlu melanjutkan perjalanan menaiki ratusan anak tangga untuk menuju ke Gunung Pananjakan. Lokasi ini adalah yang dinilai sebagai lokasi terbaik melihat sunrise di bromo, karena matahari pagi yang indah nantinya akan perlahan muncul menyinari kawah bromo dan menghangatkan badanmu.

Selepas puas melihat sunrise, kamu pun dapat berpindah lokasi ke sisi timur Gunung Bromo untuk menuju Bukit Teletubbies. Hamparan bukit hijau ini pastinya juga akan membuat siapapun yang mengunjunginya ingin berguling-guling di rumputnya.

Nah begitulah 30 wisata yang perlu kamu kunjungi di Malang pada tahun 2023! Siapkan tanggal dan rencanamu untuk mengunjungi malang segera ya traveler!

Sumber : detik.com

0 comments: