4 Cara Ampur Usir Lalat Limbah, Serangga Kecil yang Penuhi Kamar Mandi

Jumat, Januari 06, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir lalat limbah dari kamar mandi. (Getty Images/SolStock)

Anda mungkin pernah menemukan serangga kecil yang bentuknya mirip lalat hinggap di dinding kamar mandi. Serangga itu dinamai sebagai lalat limbah atau drain flies.
Lalat limbah biasanya datang bergerombol dan membuat sebuah tempat jadi terlihat tidak terawat.

Menemukan lalat limbah di kamar mandi sama menyebalkannya dengan menemukan serangga lain. Lalat limbah juga sulit diusir karena mereka dapat hidup hingga tiga minggu dengan telur baru menetas setiap 48 jam.


Lalat limbah biasanya datang dari lubang saluran pembuangan di kamar mandi.

Lantas, apakah lalat limbah bisa diusir?

Jawabannya, tentu saja bisa. Berikut beberapa caranya.

1. Pakai air mendidih
Metode ini sangat sederhana dan mudah dilakukan. Menukil berbagai sumber, Anda bisa menuangkan air mendidih dengan hati-hati ke saluran pembuangan sebanyak 1-2 kali sehari. Lakukan ini selama 1 minggu.

Cara ini akan memastikan lalat tidak kembali dalam semalam.

2. Campuran soda kue, garam, dan cuka
Gabungkan soda kue, garam, dan cuka untuk membuat larutan pembersih alami. Setelah itu, tuangkan larutan ke saluran pembuangan semalaman.

Untuk takarannya, Anda bisa memulainya dengan masing-masing setengah cangkir ukuran sedang. Soda kue mengembang dengan cuka, menjangkau lebih banyak area daripada air mendidih.

Setelah mendiamkan larutan hingga pagi hari, siram pipa dengan air mendidih.

3. Campuran sabun, air, gula, dan cuka
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir lalat limbah dari kamar mandi. (iStockphoto/LucaLorenzelli)

Tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam semangkuk air, gula, dan cuka apel. Biarkan mangkuk selama beberapa hari di dekat selokan atau lubang saluran pembuangan untuk menarik lalat. Sabun akan menjebak lalat di dalam air.

4. Perangkap cuka apel dan piring bungkus plastik
Anda juga bisa membuat perangkap dengan bahan cuka apel. Mengutip Country Living, masukkan cuka apel ke piring kecil yang dibungkus plastik.

Kemudian, tusuk dan beri lubang di bungkus plastik. Hal ini akan memancing lalat masuk tetapi mencegahnya melarikan diri.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: