4 Tempat Wisata Banda Neira, Indahnya Surga di Timur Indonesia

Kamis, Januari 12, 2023 Majalah Holiday 0 Comments


4 Tempat Wisata Banda Neira, Indahnya Surga di Timur Indonesia

Banda Neira memiliki pesona wisata yang demikian besar dan potensi luar biasa. Tak heran jika berbagai tempat wisata di Banda Neira kemudian diwacanakan untuk diangkat menjadi titik wisata prioritas.

Sederet tempat wisata di Banda Neira juga bisa dengan mudah Anda kunjungi satu per satu. Memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai area terletak di wilayah Provinsi Maluku ini, tapi semua usaha akan terbayar lunas saat Anda sampai di sana.

Pulau Rosengain dan Pulau Pisang

Pulau Rosengain atau kini lebih dikenal dengan nama Pulau Hatta, terletak di bagian ujung timur Kepulauan Banda. Namanya berasal dari pahlawan nasional, Bung Hatta, yang pernah diasingkan di pulau ini.

Di sisi lain, Pulau Pisang adalah salah satu pulau yang sering dikunjungi oleh Sutan Sjahrir. Seperti Rosengain, pulau ini juga memiliki keindahan pantai dan laut yang luar biasa, lengkap dengan kecantikan pemandangan bawah laut.

Gunung Api Banda

Destinasi kedua yang bisa Anda kunjungi adalah Gunung Api Banda. Sebenarnya nama dari gunung ini sendiri adalah Gunung Ganapus, namun lebih terkenal dengan sebutan pertama tadi. Untuk mencapai puncaknya, Anda harus mendaki kurang lebih 2 jam.

Letaknya sejauh 6 jam perjalanan dari Ambon dengan kapal cepat. Namun setelah Anda mencapainya, Anda dipastikan tidak akan bosan menikmati keindahan gunung ini. Tingginya adalah 656 meter di atas permukaan laut dan terbentuk sebagai generasi keempat dari Gunung Lonthoir.

Benteng Belgica

Menjadi salah satu tujuan yang tidak boleh dilewatkan, Benteng Belgica terletak di Bukit Tabaleku Naira Tenggara. Awalnya, bangunan ini difungsikan sebagai benteng pertahanan militer, tapi beralih fungsi menjadi titik pemantauan lalu lintas kapal yang melintas di perairan tersebut.

Dibangun oleh bangsa Portugis pada abad ke-16, pada 1611 namanya diubah menjadi Fort Belgica setelah mengalami renovasi oleh Belanda.

Lava Flow

Tercipta karena meletusnya gunung berapi dan mengakibatkan perairan tertutup oleh lava, vegetasi air menjadi tumbuh sangat subur. Anda bisa menikmatinya saat Anda berkunjung ke Banda Neira suatu saat nanti.

Untuk mencapainya sendiri, hanya diperlukan waktu kurang lebih 30 menit menggunakan perahu tempel dari Pulau Neira. Keindahan tempat wisata di Banda Neira tidak terbantahkan dan Anda bisa membuktikannya sendiri.

Kontributor : I Made Rendika Ardian




Sumber : SUARA.COM

0 comments: