4 Tips Mengatasi Gigitan Lintah yang Melekat Erat di Kulit

Rabu, Januari 11, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

gigitan lintah, (Foto: Pixabay)

LINTAH atau biasa juga disebut dengan pacet merupakan sejenis cacing yang mudah ditemukan di tempat-tempat lembap seperti pegunungan, hutan serta sungai.

Layaknya hewan melata lainnya, hewan berlendir ini punya kemampuan menghisap darah pada manusia. Hewan ini akan menghisap darah, dengan cara menyedotnya melalui mulut. Mengingat teksturnya yang lengket dan berlendir, lintah saat mengigit kulit manusia memang sulit untuk dilepaskan.

Nah untuk jaga-jaga keadaan darurat yang bisa dialami kapan saja ini, ada baiknya Anda mengetahui empat tips mengatasi gigitan lintah yang melekat erat di kulit. Simak paparan singkatnya berikut ini, seperti dikutip dari Jelajah Sutra, Selasa (10/1/2023).

1. Pakai puntung rokok: Ambil satu batang rokok, buka lalu ambil bubuk tembakaunya. Kemudian taburkan ke lintah yang sedang menempel dan menghisap darah. Secara perlahan ia akan melepaskan gigitannya dari kulit:

2. Krim anti nyamuk: Ketika sudah terlanjur mengigit, biasanya hewan ini sulit untuk melepaskan diri, karena tidak akan berhenti sampai merasa benar-benar kenyang. Trik kedua, bisa coba oleskan krim anti nyamuk melingkari area kulit yang sedang digigit. Tunggu beberapa saat, maka lintah akan mudah terlepas.

3. Sesuatu yang menyengat dan garam: Lintah tak senang sesuatu atau aroma yang menyengat. Misalnya minyak kayu putih, karena bau dan sensasinya cukup panas. Maka jika ada lintah yang sulit untuk dilepaskan, teteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke atasnya. Selain itu, bisa juga menggunakan garam, karena lintah juga sangat menghindari garam.

4. Pakai api: Terakhir bisa dengan cara memanfaatkan api, bakar ranting kecil yang ada di tanah lalu arahkan ke lintah yang sedang menghisap darah. Arahkan pelan-pelan, sampai lintah merasa kepanasan dan berangsur akan melepaskan gigitannya dari kulit.


Sumber : okezone.com

0 comments: