5 Daerah di NTT yang Konon Paling Banyak Suanggi, Hantu Pembunuh Mengerikan

Kamis, Januari 05, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2023 01 03 406 2739602 5-daerah-di-ntt-yang-konon-paling-banyak-suanggi-hantu-pembunuh-mengerikan-BM4d1pacwX.jpgIlustrasi hantu (Yorkshirerepost)

TERDAPAT 5 daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dianggap paling banyak suanggi atau hantu khas Indonesia bagian timur. Suangi juga dianggap sebagai ilmu hitam yang bisa digunakan oleh orang yang menganutnya untuk membunuh musuh.

Banyak mitos yang mengatakan jika suanggi merupakan bentuk dari roh jahat yang mengembara untuk memangsa manusia. Di lain sisi, suanggi dipercayai sebagai sejenis ilmu hitam atau dukun yang bisa membunuh orang yang tidak disukai.

Nah, berikut adalah 5 daerah yang konon memiliki banyak suanggi di NTT.

1. Pulau Alor

Pulau Alor yang indah dan memiliki banyak bahasa daerah ini dikenal dengan nama The King of Swanggi Island. Pemberian nama tersebut karena konon di Pulau Alor terdapat banyak suanggi.

2. Atambua, Kabupaten Belu

Kabupaten Belu memiliki kisah tersendiri mengenai suanggi dan Atambua. Atambua sendiri berasal dari kata Ata yang berati hamba dan Bua yang berarti suanggi.

Sehingga jika disatukan maka Atambua berarti tempatnya hamba-hamba suanggi. Karena, konon para raja kerap membuang para suanggi yang mengganggu masyarakat ke tempat ini.

3. Adonara, Pulau Flores

Adonara di Pulau Flores memiliki berbagai kisah tentang suanggi. Konon banyak suanggi yang tertangkap basah oleh warga karena sedang menjalankan aksinya.

Ada juga kisah suanggi yang diusir dari kampungnya, rumahnya dibakar, bahkan hingga dibakar oleh warga.

Sebelum melakukan aksinya, suanggi biasanya akan mengadakan ritual dengan cara menari di tempat terbuka di bawah cahaya bulan purnama. Hal ini dilakukan agar kekuatan dan kekebalan tubuhnya meningkat.

4. Pulau Rote

Banyak yang percaya jika di Pulau Rote terdapat banyak suanggi, bahkan konon yang terbanyak di NTT. Hal ini karena banyak orang sakit secara tiba-tiba dan tidak wajar hingga meninggal dunia.

Konon, suanggi hidup tidak normal dengan tidak mengurus diri dan jarang bersosialisasi dengan orang lain. Namun, terkadang suanggi hidup normal dan berbau dengan masyarakat.

5. Pulau Semau

Pulau Semau atau Pulau Mistik merupakan salah satu pulau yang dianggap angker di NTT. Tempat yang gersang dan kering ini tidak dihuni oleh banyak penduduk. Sebaliknya, Pulau Semau memiliki banyak misteri. Konon Pulau Semau dihuni oleh orang-orang sakti yang memiliki suanggi.

Sumber : okezone

0 comments: