5 Fakta Benteng Pendem, Wisata Sejarah yang Estetik di Ngawi

Senin, Januari 09, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2023 01 06 408 2741536 5-fakta-benteng-pendem-wisata-sejarah-yang-estetik-di-ngawi-Z8Mon7V2zl.jpegBenteng Pendem atau Benteng Van Den Bosch di Ngawi, Jawa Timur (Foto: Kementerian PUPR)

BENTENG Pendem merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat pelesiran ke Ngawi, Jawa Timur. Tempat wisata bersejarah itu menyimpan banyak kisah yang patut diketahui masyarakat Tanah Air.

Sebelumnya, Benteng Pendem atau Benteng Van den Bosch sempat mengalami pemugaran sebelum akhirnya rampung pada November 2022. Bangunannya pun diperbaharui menjadi lebih kokoh dan bagus sehingga makin memiliki daya tarik untuk dikunjungi pengunjung.

Lantas, seperti apa fakta-fakta menarik dari Benteng Pendem di Ngawi? Berikut informasinya.

1. Dibangun pada Tahun 1839

Benteng Pendem ini dulunya diberi nama Benteng Van den Bosch. Tempat pertahanan ini dibangun oleh Belanda semasa menjajah Indonesia.

Seperti namanya, Benteng tersebut dibangun masa pemerintahan Gubernur Jenderal Van den Bosch pada tahun 1839. Kala itu Bosch memimpin dan menguasai wilayah Ngawi.

2. Nama Pendem Berarti Terpendam

Nama benteng tersebut pun kini dikenal sebagai Benteng Pendem. Arti Pendem sendiri pun ialah terpendam.

Nama tersebut diambil sesuai dengan konstruksi bangunan tersebut. Pasalnya, benteng tersebut dibangun lebih rendah dari tanah di sekitarannya.

3. Terkena Bom Jepang pada 1942

Di tahun 1942, Benteng Pendem ikut terkena ledakan bom oleh pasukan Jepang di tahun 1942. Hal itu menyebabkan sebagian bangunan benteng hancur, dan menyisakan beberapa bagian saja yang masih utuh.

4. Direstorasi pada 2020

Benteng ini pun resmi direstorasi atau direvitalisasi pada tahun 2020. Rencana itu dilakukan demi menarik para pengunjung untuk datang ke destinasi wisata bersejarah itu.

Restorasi benteng tersebut pun menyedot anggaran hingga Rp113,7 miliar dan memakan waktu sekitar 26 bulan.

5. Wisata Sejarah dan Edukasi

Kini, Benteng Pendem bisa menjadi opsi temoat wisata edukasi saat mengunjungi Ngawi, Jawa Timur. Ada banyak informasi dan kisah yang bisa kamu dapat tentang tempat bersejarah ini saat mengunjungi destinasi tersebut

Tak cuma mengedukasi, Benteng Pendem kini juga memiliki bangunan yang kokoh dan menarik, sehingga cocok untuk dijadikan tempat berfoto yang keren dan Instagram-able.

Sumber : okezone

0 comments: