5 Petinju Tak Terkalahkan Sepanjang Masa, Nomor 1 Jagoan Wales!

Senin, Januari 23, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Berikut 5 petinju tak terkalahkan sepanjang masa (Foto: Reuters)

SEBANYAK 5 petinju tak terkalahkan sepanjang masa akan Anda ketahui dalam artikel Okezone. Olahraga tinju telah melahirkan sederet nama atlet luar biasa.

Termasuk seperti para petinju yang belum merasakan satu kekalahan pun sepanjang kariernya. Keahlian dalam bertahan dan menyerang membuat para penantangnya kesulitan untuk menumbangkannya.

Mereka diklaim menjadi salah satu yang ‘terpilih’ sebab bisa mencatatkan sejarah. Tetapi, tidak ada terbesit petinju legendaris seperti Mike Tyson maupun Muhammad Ali dalam daftar petinju yang tidak terkalahkan sepanjang masa.

Sebab, mereka pernah merasakan kekalahan dalam kariernya, dengan Ali menyumbangkan rekor 56-5-0, sementara Mike Tyson menyumbang rekor 50-6-0. Lantas, siapa sajakah petinju tak terkalahkan sepanjang masa?

Berikut 5 Petinju Tak Terkalahkan Sepanjang Masa

5. Rocky Marciano 49-0, 43 KO (1947-1955) – Kelas Berat

Rocky Marciano

Salah satu petinju terberat sepanjang sejarah ialah Rocky Marciano. Rocky menghabisi kariernya dengan catatan rekor 49-0. Petinju asal Amerika Serikat yang lahir pada 1 September 1923 ini juga menyumbang prestasi di kelas yang berbeda.

Walau karier profesionalnya hanya selama delapan tahun, Rocky bisa dikatakan sebagai petinju hebat. Keberhasilan perdana Rocky dicatatkan saat mengkandaskan kompatriotnya, Lee Epperson saat ronde ketiga.

4. Ricardo Lopez 51-0, 1 Imbang, 38 KO (1985-2001) – Kelas Terbang

Ricardo Lopez

Petinju asal Cuernavaca, Morelos, ini dapat dikatakan menjadi salah satu ksatria olahraga Meksiko. Pamornya sangat ditakuti petinju lain di kelas terbang. Lopez meraih gelar juara dunia strawweight pada periode 1990-1999. Lalu, menjadi yang tersukses di kelas terbang.

Satu-satunya penantang yang memutus rekor kemenangan beruntun Lopez ialah Rosendo Alvarez. Pertandingan keduanya berakhir imbang. Tetapi, saat pertarungan ulang keduanya, Lopez menumbangkan Alvarez. Kemenangan itu juga memastikan dirinya mengumpulkan gelar minimum weight versi WBC dan WBA.

Floyd Mayweather Jr merupakan satu dari 15 petinju sepanjang sejarah yang mengundurkan diri dari olahraga tinju dengan rekor tak terkalahkan. Mayweather berlaga di lima divisi berat yang berbeda-beda, menjuarai 15 trofi pertama sepanjang kariernya.

Mayweather juga menyabet rekor sempurna 50-0 yang disebut Money, Mayweather kerap disebut sebagai petinju defensif tersukses sepanjang sejarah. Dari tahun 1996 sampai 2017, Mayweather menantang beberapa bintang olahraga seperti Juan Manuel Marquez, Miguel Cotto, Saul Canelo Alvarez, Manny Pacquiao dan Oscar De La Hoya.

Mayweather pensiun sebagai petinju profesional sehabis menumbangkan megabintang UFC, Conor McGregor dalam pertandingan crossover yang sangat menguntungkan.

2. Oleksandr Usyk 20-0, 13 KO (2013-Sekarang) – Kelas Penjelajah dan Berat

Oleksandr Usyk

Usyk belum tereliminasi selama memulai karier profesionalnya sampai saat ini. Setelah terjun ke jagat tinju profesional pada 2013, petinju berumur 35 tahun itu terbilang sudah mencatatkan 20 pertarungan. Semua pertandingan itu termasuk dari 16 pertarungan di divisi kelas penjelajah dan empat pertarungan di divisi kelas berat.

Apiknya lagi, di antara 20 keberhasilan itu, Usyk tak sama sekali imbang, serta berhasil mencatatkan 13 kali kemenangan KO. Usyk adalah salah satu dari tiga petinju yang sukses mencampurkan trofi kelas berat dan penjelajah. Dua petinju lainnya yang bisa melakukan hal tersebut ialah David Haye (Inggris) dan Evander Holyfield (Amerika Serikat). Tetapi, dari ketiganya, Usyk satu-satunya yang sama sekali terkalahkan.


Berkebangsaan Wales, Joe Calzaghe menjalani debut profesionalnya pada tahun 1993. Saat itu, Joe membuat KO Paul Hanlon saat ronde pertama di Cardiff Arms Park, Cardiff.

Pamornya semakin mentereng saat menumbangkan legenda tinju Inggris, Chris Eubank dengan kemenangan hitung angka. Kemenangan itu juga menetapkan dirinya meraih trofi Super Middleweight versi WBO yang saat itu kosong.

Selama 15 tahun tak terkalahkan, Pada akhirnya Calzaghe merasakan berkarier di Amerika Serikat. Petarung yang ditumbangkan juga petinju ternama, Mack Center & Bernard Hopkins di Thomas, Las Vegas, Nevada, 19 April 2008. Lewat tujuh bulan, Calzaghe kembali menyabet kemenangan kontra Roy Jones, Jr dan memutuskan untuk pensiun dari dunia tinju.


Sumber : okezone.com

0 comments: