5 Tips Menjaga Kesehatan Mental, Salah Satunya Jangan Berusaha Mengubah Orang Lain!

Jumat, Januari 06, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Menjaga kesehatan mental (Foto: The poweful mind)

PADA awal tahun baru, banyak orang yang fokus untuk mengejar target dan resolusi. Seperti memperbaiki diri, menambah ilmu, meningkatkan bisnis, menabung, lebih fokus pada karir dan sejumlah hal positif lainnya.

Namun, selain sejumlah resolusi tersebut, kamu juga harus memperhatikan untuk menjaga kesehatan mental. Hal tersebut penting dilakukan agar kamu lebih siap untuk menghadapi sejumlah tantangan yang akan datang tahun ini.

Berikut ini adalah sejumlah cara untuk bisa membantu kamu menjaga kesehatan mental di awal tahun baru 2023 seperti yang dikutip dari siaran pers visinema.

1. Bersikap Baik Pada Diri Sendiri

Pada tahun baru, kamu harus mencoba lebih memahami dan bersikap baik kepada diri sendiri. Jangan terlalu keras kepada diri sendiri, atau memaksakan target hingga kamu lupa menikmati hidup. Karena, hal itu bisa memicu stres.

Bila kamu pernah berbuat salah bukan sebuah masalah, karena itu bisa menjadi proses pembelajaran hidup dan perbaikan diri untuk kedepannya. Atur skala prioritas yang sejalan dengan tujuan hidup yang ingin kamu capai.

Selain itu, sering-seringlah memberi afirmasi positif pada diri sendiri, untuk menambah semangatmu menjalani hari. Namun di sela-sela kesibukanmu, sebaiknya tetap meluangkan waktu untuk mengistirahatkan pikiran atau merawat diri. Jangan lupa juga pada pencapaian yang sudah kamu raih dan orang-orang di sekeliling yang menyayangimu.

2. Rutin Berolahraga dan Relaksasi

Olahraga teratur dan latihan relaksasi bisa berdampak besar bagi kesehatan mental. Karena olahraga bisa meredakan stres, meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tidur lebih nyenyak. Bagi kamu yang tidak terbiasa berolahraga, cobalah dengan aktivitas yang ringan, seperti jogging di pagi hari, renang atau yoga.

Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, guna mendapat manfaat yang maksimal. Selain itu, imbangi juga dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Ketika banyak pekerjaan yang menyita pikiran kamu, lakukanlah relaksasi dengan mengatur pernapasan untuk mengusir stres. Pejamkan mata dan tarik nafas dalam-dalam dengan perlahan dan buang pelan-pelan, kemudian ulangi beberapa kali hingga kamu merasa lebih tenang.

3. Curhat

Saat kamu sedang mendapat masalah dan mengalami stres, terkadang kamu membutuhkan orang lain sebagai tempat cerita. Jangan ragu untuk berbagi cerita dan keluh kesah pada orang terdekat yang kamu percayai. Karena, hal itu akan membuat kamu lebih lega.

Bercerita pada orang lain soal masalah yang kamu alami, pun bisa membuatmu berpikir positif, serta mendapatkan saran dan kamu akan lebih mengenal diri sendiri.

Apabila sesuatu yang kamu hadapi terasa kian berat dan kamu merasa tidak mampu mengatasinya, segera meminta bantuan keluarga, sahabat, teman, atau profesional kesehatan mental.

4. Tidur yang Cukup

Pola tidur memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan mental. KArena, bila kondisi kurang tidur, tubuh akan merasa kelelahan fisik dan mental, dan meningkatkan risiko terkena penyakit kerena kekebalan tubuh melemah.

Menurut The National Sleep, untuk orang dewasa, disarankan tidur selama 7-9 jam per hari untuk kesehatan yang optimal. Karena itu, kamu bisa untuk mencoba siklus jam tidur cukup yang teratur setiap hari, untuk menjaga kesehatan mental.

5. Jangan mencoba mengubah orang lain

Salah satu tips menjaga kesehatan mental dari dr Santi Yulianie agar kita tetap sehat secara mental adalah tidak usah mencoba mengubah orang lain, entah itu pacar atau keluargamu.

"Kamu tidak bisa mengubah orang lain ketika orang tersebut tidak mau mengubah dirinya. Yang bisa kamu lakukan adalah memberikan referensi dan arahan," ujar dr Santi dalam akun Instagramnya.

Satu hal yang perlu kamu perlu pastikan adalah kesehatan mentalmu harus diutamakan. Sebab kamu tak bisa membantu orang lain ketika kamu sendiri tidak melakukan perlindungan terhadap kesehatan mentalmu sendiri.


Sumber : okezone.com

0 comments: