5 Wisata Populer di Maluku yang Diguncang Gempa M7,9, Nomor 1 Tempat Pengasingan Bung Hatta

Kamis, Januari 12, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2023 01 11 408 2744089 5-wisata-populer-di-maluku-yang-diguncang-gempa-m7-9-nomor-1-tempat-pengasingan-bung-hatta-cpfW1MkX0K.JPG
Pantai pasir putih di Pulau Hatta, Maluku (Foto: TripAdvisor/Kun77)

MALUKU adalah salah satu provinsi yang berada di wilayah timur Indonesia. Sempat diguncang gempa M7,9 pada Selasa, 10 Januari 2023 kemarin tepatnya di Maluku Tenggara Barat dan berpotensi tsunami, namun, peringatan tersebut telah resmi dicabut oleh BMKG Maluku.

Letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat Maluku masih menyimpan banyak pesona alam yang masih sangat alami.

Meski memiliki zona waktu dua jam lebih cepat dengan di wilayah barat Indonesia, Anda tidak akan merasakan perbedaan tersebut karena Anda disibukkan dengan berbagai spot wisata menawan yang ada di sana.

Jika Anda berencana untuk liburan ke Maluku dan masih bingung memiliki tujuan wisata, 5 destinasi wisata berikut bisa Anda pertimbangkan untuk masuk ke itinerary Anda;

1. Pulau Hatta

Pulau Hatta terletak sekitar 25 kilometer di sebelah timur Kepulauan Banda. Ada banyak pesona tersembunyi yang bisa Anda nikmati di sini, seperti pasir putih dan air lautnya yang begitu jernih.

Pulau Hatta juga terkenal sebagai salah satu spot diving di Kepulauan Banda Neira dengan keindahan biota lautnya yang sayang untuk dilewatkan.

Pulau Hatta

(Foto: Instagram/@prisia)

Pulau yang dulunya bernama Pulau Rozengain ini merupakan tempat pengasingan Mohammad Hatta dan Sutan Sjahrir, sekitar tahun 1936.

2. Air Terjun Hoko

Tempat wisata yang satu ini pernah dijadikan sebagai salah satu nominasi dalam acara Anugerah Pesona Indonesia. Berlokasi di Desa Hoko, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, air terjun Hoko menawarkan pemandangan luar biasa dengan air jernih berwarna kebiruan.

Anda bisa berenang atau berendam di kolam air terjun yang hanya memiliki kedalaman tak lebih dari dua meter.

Air Terjun Hoko

(Foto: Instagram/@gungafif)

Selain itu, patahan kecil di dinding tebing juga kerap dijadikan sebagai aktivitas uji adrenalin oleh para wisatawan.

3. Pulau Kasa

Pulau Kasa merupakan pulau tanpa penghuni yang hanya dijadikan sebagai tempat wisata. Akses ke pulau ini memang sedikit sulit, namun, rasa lelah Anda akan langsung terbayar ketika menginjakkan kaki di Pulau Kasa.

Terumbu karang di Pulau Kasa masih sangat terjaga hingga sekarang. Anda juga bisa melihat koleksi biota laut yang beragam sambil snorkeling atau diving.

4. Pulau Banda Neira

Pulau Banda Neira merupakan pusat administratif Kecamatan Banda, Maluku Tengah. Anda bisa dengan mudah menemukan hamparan hutan tropis dan tumbuhan aromatik di sini.

Laut biru, hamparan pasir, terumbu karang, serta biota laut siap membuat Anda betah untuk berlama-lama di Pulau Banda Neira. Bagi para pencinta gunung, Anda juga bisa mendaki gunung vulkanik aktif yang terdapat di sini.

Bukan hanya itu saja, Pulau Banda Neira juga pernah menjadi saksi bisu terjadinya sejarah besar, yaitu penyerahan kota metropolitan yang dijuluki The Big Apple kepada Inggris.

Banda Neira

(Foto: Instagram/@yoniarhufan)

5. Pulau Bair

Pulau satu ini kerap dijuluki sebagai Raja Ampatnya Maluku, karena begitu mirip dengan Raja Ampat di Papua.

Pulau ini dikelilingi oleh hutan mangrove yang indah nan eksotis. Banyaknya bakau di Pulau Bair membuat udaranya menjadi sangat sejuk.

Selain menikmati birunya air laut yang menyegarkan mata, Anda juga bisa menjelajahi dua tebing memesona yang biasa disebut lorong mati. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat hiu blacktip ketika menyusuri keindahan hutan bakau Pulau Bair.

Sumber : okezone

0 comments: