6 Tips Membeli iPhone Bekas agar Tidak Rugi

Jumat, Januari 13, 2023 Majalah Holiday 0 Comments


Informasi seputar tips membeli iPhone bekas umumnya akan dicari oleh orang yang akan membeli ponsel keluaran Apple tersebut. Meski bukan produk baru dari toko resmi, iPhone bekas masih diburu.
Hal itu secara tak langsung membuktikan kuatnya daya tarik iPhone di pasaran. Selain menawarkan berbagai fitur yang memudahkan setiap pengguna, iPhone juga dikenal sebagai produk ponsel pintar yang bisa digunakan untuk jangka waktu lama. Terlebih ponsel tersebut memiliki nilai gengsi yang melekat bagi beberapa orang.
Di satu sisi, membeli iPhone bekas merupakan opsi yang tepat untuk menghemat bujet. Inilah mengapa, iPhone tetap diminati meski kondisinya bekas pakai.

6 Tips Membeli iPhone Bekas

Ilustrasi menerapkan tips membeli iPhone bekas dengan mengecek komponen ponsel. Foto: Unsplash.com
Seperti membeli produk bekas pada umumnya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli iPhone bekas. Dihimpun dari How To Geek dan Make Use Of, berikut 6 tips membeli iPhone bekas yang bisa kamu jadikan referensi.

Pastikan iPhone dalam kondisi menyala

Langkah awal dan penting dilakukan adalah memeriksa iPhone apakah menyala atau mati. Pastikan iPhone menyala dan tak berhenti pada kondisi boot.

Cek bukti pembelian

Salah satu hal yang kerap diabaikan orang yang akan membeli iPhone bekas adalah bukti pembelian perangkat. Padahal poin ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan.
Minta penjual untuk memberikan salinan bukti pembelian iPhone. Melalui cara ini, kamu bisa mengetahui status kepemilikan sebelumnya hingga status garansi. Selain itu, kamu bisa mencocokkan nama atau ID penjual dengan penerima dan tanggal pembelian.

Cek IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor identifikasi unik untuk setiap ponsel. Mengecek IMEI iPhone juga tak kalah penting agar ponsel bisa digunakan dengan lancar. Untuk mengecek IMEI iPhone, ikuti beberapa langkah berikut.
  1. Buka Settings, lalu ketuk ‘General’.
  2. Pilih ‘About’ untuk mengetahui informasi IMEI iPhone yang akan dibeli.
  3. Selesai.

Cek kondisi fisik iPhone

Ada baiknya kamu memeriksa kondisi fisik iPhone bekas secara langsung sebelum membelinya. Beberapa komponen yang wajib kamu perhatikan di antaranya fungsi jaringan, berbagai tombol fisik, speaker, earphone, dan charger.
Pastikan beberapa komponen tersebut berfungsi dengan baik agar kamu tak menyesal saat membelinya.

Cek fitur

Selain komponen fisik, fitur ponsel juga tak kalah penting untuk diperiksa. Beberapa fitur yang wajib kamu cek sebelum membeli iPhone bekas, yaitu responsivitas layar, konektivitas jaringan seluler, Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS, hingga kamera baik menggunakan flash maupun tanpa flash serta kamera depan.

Reset iCloud

Me-reset iCloud penting dilakukan untuk membersihkan jejak digital dari pemilik lama. Pastikan iPhone bekas yang kamu beli sudah direset iCloud-nya.
Lakukan pengecekan iCloud dengan membuka menu Setting lalu pilih ‘iCloud’. Pastikan fitur penyimpanan tersebut dalam kondisi kosong.
Itulah enam tips membeli iPhone bekas yang bisa kamu jadikan acuan. Dengan menerapkan poin di atas, kamu bisa memastikan kondisi iPhone second dalam kondisi baik dan berfungsi normal. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Sumber : kumparan.com

0 comments: