Alasan Khabib Nurmagomedov Pensiun sebagai Pelatih dan Tinggalkan Total Dunia MMA

Rabu, Januari 11, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Alasan Khabib Nurmagomedov pensiun sebagai pelatih dan tinggalkan total dunia MMA. (Foto: Reuters)

DAGESTAN – Ikon UFC, Khabib Nurmagomedov, memutuskan pensiun sebagai pelatih dan meninggalkan dunia bela diri campuran alias mix martial arts (MMA) sepenuhnya. Alasannya pun kini terungkap.

Sebagaimana diketahui, Khabib pensiun sebagai petarung UFC pada Oktober 2020. Dia menutup kariernya dengan kemenangan kuncian atas Justin Gaethje untuk mempertahankan gelar juara kelas ringannya.

Setelah itu, petarung asal Rusia itu terjun ke dunia kepelatihan untuk mengasah bakat para jagoan yang mayoritas berasal dari negaranya. Selain itu, dia juga membuka bisnis sebagai promotor dengan perusahaannya, Eagle FC.

Para penggemar UFC tentu sadar bahwa Khabib sebagai pelatih sama berbahayanya ketika dia masih menjadi petarung. Pasalnya, dia berperan penting dalam kebangkitan juara kelas ringan saat ini yang juga masih saudaranya, Islam Makhachev.

Namun, kabar mengejutkan datang dari pria berusia 34 tahun itu. Pada Jumat, 6 Januari 2023, dia secara tersirat mengatakan bahwa dia bakal menjauh dari dunia MMA untuk saat ini.

“Jaga dirimu baik-baik, saudara-saudara. Saya harap keputusan saya hanya untuk yang terbaik, pelukan besar untuk Anda semua. Terima kasih, Anda adalah alasan besar kesuksesan saya dalam olahraga,” tulis Khabib di Instagram-nya, @khabib_nurmagomedov.

Ternyata, mundurnya Khabib dari dunia MMA dibenarkan oleh mantan pelatihnya, Javier Mendez. Mendez mengungkapkan bahwa mantan anak buahnya itu mengambil keputusan itu karena ingin fokus mengurus dan menghabiskan waktu bersama keluarga kecilnya.

“Dia hanya tidak mau ketinggalan menjadi seorang ayah,” ujar Mendez, dilansir dari Sport Bible, Senin (9/1/2023).

“Dia berbicara dengan saya sekira tiga minggu lalu dan memberi tahu saya tentang rencananya dan mengatakan dia berencana untuk berbicara dengan tim dan memberi tahu mereka tentang keputusannya,” sambungnya.

“Dia melakukan ini untuk alasan yang benar. Dia seorang family man dan dia hanya ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya,” imbuhnya.


Ya, saat ini The Eagle -julukan Khabib- memang sudah memiliki dua anak laki-laki dan satu anak perempuan. Tentunya, dia ingin menikmati perkembangan buah hatinya sehingga memilih untuk menjauh dari dunia MMA setelah sering meninggakan mereka ketika masih berkecimpung di UFC.

Kemudian, Mendez menjelaskan Khabib telah mengais banyak ilmu dari ayahnya, Abdulmanap, yang meninggal pada Juli 2020, untuk menjadi salah satu petarung terbaik di dunia. Dia melanjutkan apa yang didapatnya kepada generasi selanjutnya, yang hasilnya bisa dilihat dari kebangkitan Makachev.

“Khabib belajar banyak dari ayahnya dan dari saya dan beberapa pelatih hebat lainnya yang bekerja bersamanya, dan orang-orangnya telah belajar banyak darinya. Dia menanamkan hal-hal yang dia pelajari dari ayahnya pada generasi baru dan Anda bisa melihat dampaknya,” jelas Mendez.

“Apakah dia akan dirindukan? Sangat. Apakah itu akan berdampak negatif pada tim? Itu masih harus dilihat, tetapi mengingat pekerjaan luar biasa yang telah dia lakukan untuk melatih sepupunya dan yang lainnya di tim, saya pikir mereka siap untuk maju dan melanjutkan warisannya,” pungkasnya.


Sumber : okezone.com

0 comments: