Anak Muda Mau Sukses? Ini Tips ala CEO Uber

Senin, Januari 23, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi bisnis. (Foto: Freepik)

Sebagian orang mungkin berpendapat bahwa rahasia sukses terletak pada jenjang karier yang terarah.

Namun, CEO Uber Dara Khosrowshahi mengatakan bahwa perencanaan yang berlebihan bukan hanya tidak efektif, tetapi juga dapat melemahkan peluang untuk dapat membangun karir yang memuaskan.

“Jangan merencanakan karir Anda secara berlebihan. Saya melihat anak muda sering melakukan kesalahan ini,” kata Khosrowshahi kepada CEO LinkedIn Ryan Roslansky dalam sebuah wawancara, dikutip Jumat (20/1/2023).

”Mereka sering mengatakan, 'Saya ingin menjadi VP' atau 'Saya ingin menghasilkan uang sebanyak X'," lanjutnya.

Menurut Khosrowshahi, tidak ada salahnya memiliki gambaran besar tentang apa yang ingin dicapai dalam karir Anda, namun jika gagasannya terlalu sempit, berisiko kehilangan peluang.

”Boleh punya tujuan tentang apa yang ingin Anda raih, namun Anda harus terbuka terhadap peluang, jika ada Anda harus melaluinya, Anda harus memanfaatkannya,” ujar Khosrowshahi.

”Saya sendiri tidak mau terburu-buru dalam karir, karena jika Anda terbuka dan benar-benar ingin mengasah keahlian, hasilnya akan jauh lebih memuaskan,” tambahnya.

Dia menjelaskan kalau hal itu juga akan membuka peluang baru dalam pekerjaan dan dapat memaksimalkan pengembangan keterampilan Anda dalam setiap pekerjaan.

Khosrowshahi menjabat sebagai CEO Expedia selama 12 tahun sebelum akhinya memimpin Uber pada 2017.

Sebelum bergabung dengan Expedia, Khosrowshahi bekerja sebagai CEO IAC (Iner Active Corp), sebuah perusahaan media yang berbasis di New York.

Selama masa jabatannya di Expedia, Khosrowshahi mengatakan bahwa dia mendapat pembelajaran berupa keterampilan kepemimpinan, termasuk betapa pentingnya fleksibilitas, serta cara menjadi komunikator dan pendengar yang lebih efektif.

Keterampilan itu yang membantunya menavigasi transisi untuk mengambil alih Uber setelah melakukan kerjasama aplikasi dengan ridesharing.

“Anda bisa melihat Steve Jobs, Jeff Bezos, Jamie Dimon, Jack Welch, menjadi hebat itu membutuhkan waktu,” katanya.

“Orang-orang mengatakan bahwa dalam perencanaan keuangan ada perencanaan karir yang bagus. Saya pikir jika Anda adalah tipe orang ‘tiga atau empat tahun berkarir lalu pindah’, Anda benar-benar kehilangan kesempatan untuk memiliki karir yang sempurna. Hal tersebut memang butuh waktu, tetapi ketika Anda memanfaatkannya, keajaiban akan terjadi," pungkasnya.


Sumber : okezone.com

0 comments: