Asal Usul Gunung Batok, Berawal dari Cinta Segitiga Sang Putri Bangsawan Majapahit

Sabtu, Januari 21, 2023 Majalah Holiday 0 Comments


ASAL usul Gunung Batok erat kaitannya dengan sebuah legenda yang melibatkan pasangan Roro Anteng dan Joko Seger. Kekuatan cinta membuat Roro Anteng tetap setia dan akhirnya menikah dengan Joko Seger.

Roro Anteng sendiri dikisahkan sebagai putri bangsawan Majapahit, sementara Joko Seger adalah brahmana yang tinggal di lereng Gunung Bromo. Mereka saling jatuh hati saat bertemu.

Tapi kebahagiaan sepasang kekasih terusik setelah datangnya Kyai Bima. Sosok ini terpikat kecantikan Roro Anteng dan hendak menikahinya.

Tapi Roro Anteng terang-terangan menolak Kyai Bima. Marah cintanya ditolak, Kyai Bima sampai mengancam tak segan menghancurkan desa.

Gunung Batok

(Gunung Batok, Foto: TripAdvisor/Gita Tiara)

Roro Anteng mau tidak mau terpaksa menerima pinangan Kyai Bima. Namun Roro Anteng masih tak kehilangan akal untuk bisa lepas dari belenggu Kyai Bima.

Sebelum pernikahan terjadi, Roro Anteng memberikan syarat yang sangat sulit pada Kyai Bima. Dia meminta agar Kyai Bima membuatkan laut di tengah gunung hanya dalam waktu satu malam.

Roro Anteng mengira Kyai Bima tak akan bisa menyelesaikannya. Tapi bermodal batok kelapa dan ilmu sakti, Kyai Bima berusaha keras mewujudkan permintaan sang pujaan hati.

Benar saja, Kyai Bima tak kesulitan membuatkan permintaan Roro Anteng. Sadar Kyai Bima akan berhasil, Roro Anteng enggan tinggal diam.


Di tengah rasa gelisah dan ketakutan, dia kemudian memukul-mukul alu. Ini berguna agar ayam-ayam bangun dan berkokok layaknya pagi datang.

Usaha Roro Anteng mulai membuahkan hasil. Ayam-ayam berkokok dan membuat Kyai Bima murka.

Amarah yang kian memuncak membuat Kyai Bima melemparkan batok kelapa. Benda itu jatuh tertelungkup di sebelah Gunung Bromo.

Gunung Batok

(Gunung Batok, Foto: TripAdvisor/Lian Tiong G)

Batok kelapa ini berubah menjadi sebuah gunung. Masyarakat lalu menyebut gunung tersebut dengan 'Gunung Batok'.

Kegagalan Kyai Bima membuatkan laut di tengah gunung akhirnya mempersatukan kembali Roro Anteng dan cinta sejatinya, Joko Seger. Mereka pun menikah serta hidup bahagia.


Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: