Balik Pakai 3 Bek Tengah, Indonesia Bisa Redam Vietnam

Sabtu, Januari 07, 2023 Majalah Holiday 0 Comments


Shin Tae-yong kembali ke pakem formasi dengan tiga bek tengah saat Indonesia menghadapi Vietnam. Keputusan ini cukup jitu meski Tim Merah Putih gagal menang.

Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Vietnam pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jumat (6/1/2023). Pada laga ini, Tim Garuda tampil dengan formasi tiga bek tengah.

Trio bek tengah Jordi Amat, Rizky Ridho, dan Fachruddin Aryanto mengawal jantung pertahanan Indonesia. Ini merupakan kali pertama, Indonesia tampil dengan formasi tiga bek tengah di Piala AFF 2022.

Di laga-laga sebelumnya pada ajang ini, pelatih Shin Tae-yong memainkan formasi empat bek sejajar. Dengan formasi tersebut, Indonesia kerap kecolongan hingga hanya bisa cleansheet saat jumpa Brunei Darussalam.


Keputusan Shin beralih tampil dengan tiga bek saat melawan Vietnam terbilang jitu. Meski gagal meraih kemenangan, Tim Garuda bermain cukup solid baik saat menyerang maupun bertahan.

Indonesia bisa meredam Vietnam. The Golden Stars hanya mampu bikin satu tembakan ke arah gawang dari empat percobaan. Padahal, pasukan Park Hang-seo subur di fase grup dengan bikin 12 gol.

Indonesia juga lebih banyak mengancam gawang Dang Van Lam. Tim Merah Putih bikin delapan tembakan dengan dua on target. Namun, buruknya penyelesaian akhir bikin Marselino Ferdinan dkk gagal cetak gol kemenangan.

Tim Garuda memang terbilang punya catatan apik kala bermain dengan tiga bek tengah di bawah asuhan Shin. Dikutip dari data Transfermarkt, Indonesia tujuh kali tampil dengan tiga bek tengah bersama Shin termasuk dengan laga tadi.

Dalam tujuh laga tersebut, Indonesia hanya sekali kalah. Hal itu terjadi saat tumbang 0-1 atas Yordania di Kualifikasi Piala Asia. Sisanya, Indonesia tiga kali menang dan tiga kali seri.


Sumber : detik.com

0 comments: