Burung Ini Mampu Terbang Mundur, Kok Bisa Ya?

Sabtu, Januari 07, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Burung kolibri Foto: Getty Images/Jun Zhou

Burung selalu identik dengan hewan yang bisa terbang karena memiliki dua sayap. Selama ini bila detikers perhatikan burung selalu terbang maju ke depan.

Namun ternyata ada spesies burung yang mampu terbang maju dan mundur. Menurut World Atlas hanya 1 % burung yang punya kemampuan terbang mundur dari total spesies di dunia.

Alasannya karena struktur sayap sebagian burung memiliki otot yang kuat untuk menariknya ke bawah namun otot yang lemah untuk bergerak ke atas.

Beberapa jenis burung yang mampu terbang mundur karena menggunakan metode kibarkan sayap seperti flycatchers, warblers, egrets, bangau, dan burung kolibri atau Hummingbird. Namun kali ini mari kita lebih mengenal burung kolibri yang memiliki keistimewaan bisa terbang mundur dan maju secara bersamaan.

Hummingbird alias Burung Kolibri
Burung kolibri adalah burung kecil yang berasal dari Amerika dengan panjang sekitar 12-13 cm dan memiliki berat kurang dari 31 gram. Hampir sepertiga berat badan burung kolibri berasal dari otot sayap yang digunakan saat terbang. Salah satu keistimewaan burung ini adalah dapat melayang di udara dengan kecepatan tinggi.

Setidaknya burung yang berukuran kecil ini mampu mengepakkan sayapnya dengan kecepatan 80 kepakkan per detik. Selain itu, burung kolibri mampu terbang dengan kecepatan 38 cm/detik dan menyelam dengan kecepatan 56 cm/detik. Menakjubkan bukan.

Melansir laman AZ Animals, hummingbird atau burung kolibri yang mampu terbang mundur sudah ditemukan sejak 30-40 tahun yang lalu. Burung kolibri masih memiliki kerabat dengan burung walet.

Hingga kini sudah ditemukan 360 spesies burung kolibri. Namun para ilmuwan membaginya dalam 9 kelompok berdasarkan karakteristiknya. Kelompok tersebut adalah zamrud, lebah, permata gunung, genit, brilian, pertapa, mangga, topas, dan burung kolibri raksasa.

Semua jenis hummingbird ini memiliki paruh panjang dan melengkung. Paruh ini dirancang untuk membantu mereka untuk memakan nektar bunga.

Bulu burung kolibri memiliki beragam warna yang dapat muncul berbeda tergantung pada pencahayaan. Bisa berubah warna dari hijau, ke biru, ke ungu, lalu ke merah.

Tidak seperti spesies burung lain yang setia pada pasangannya, burung kolibri tidak kawin seumur hidup. Usai berkomunikasi dengan mengepakkan sayap untuk membuat suara mendengkung dan kawin, kolibri jantan tak bertanggung jawab atas anaknya.

Sedangkan kolibri betina akan memikul tanggung jawab untuk membangun sarang dan bertelur. Sarang burung kolibri biasanya berbentuk cangkir yang terbuat dari lumut dan rerumputan lunak lainnya.

Alasan Burung Kolibri Bisa Terbang Mundur
Kembali melansir World Atlas, hummingbird memiliki struktur sayap dan otot yang unik. Karena hal tersebut mereka bisa mengontrol arah terbang dari maju, mundur, diagonal bahkan melayang.

Burung Kolibri mampu menopang 25% berat tubuhnya selama gaya naik dan 75% ketika gaya turun. Ketika terbang sayap burung kolibri bisa membuat gerakan angka delapan.

Tak berhenti di situ, burung kolibri mampu mengepakkan sayapnya ke belakang dan ke depan dengan berputar sekitar 180 derajat bahunya untuk memutar sayapnya. Hal itu akan menghasilkan daya angkat untuk kepakkan ke belakang dan ke depan.

Ujung sayap mereka akan membentuk angka delapan horizontal setiap ketukannya. Karena memanfaatkan arah angin, putaran sayap burung kolibri setiap menitnya akan mampu mengubah arah penerbangan.

Nah itulah fakta dari jenis burung yang mampu terbang mundur yakni burung kolibri alias hummingbird. Jadi makin tahu kan detikers!


Sumber : detik.com

0 comments: