Cantiknya Sabu Raijua, Surga Wisata Tersembunyi di Timur Indonesia

Senin, Januari 09, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2023 01 06 408 2741477 cantiknya-sabu-raijua-surga-wisata-tersembunyi-di-timur-indonesia-kJM3vknzQm.jpgPulau Sabu di Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (Foto: kkp.go.id)

KEPULAUAN Sabu Raijua di Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki keindahan alam memesona. Bukit kapur, padang rumput, pantai berpasir dan hamparan laut biru adalah pemandangan sempurna yang bisa dinikmati.

Ada dua pulau besar di sana; Pulau Sabu dan Pulau Raijua. Pulau Sabu atau Rai Hawu luasnya sekitar 460,78 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 30.000 jiwa. Pulau terpencil ini secara administrasi masuk Kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua.

Masyarakat Pulau Sabu mayoritas hidup sebagai petani, peternak, nelayan, berdagang, perajin gula sabu dari nira lontar, dan lainnya.

Sabu Raijua layak jadi destinasi wisata dan cocok untuk traveler yang ingin menikmati healing. Pulau ini masih sangat asri dan pas banget untuk yang suka berpetualang.

Sepanjang jalan di Pulau Sabu Raijua Anda akan disuguhi pemandangan pantai indah dengan deburan ombak. Salah satunya adalah Pantai Madjala yang berpasir putih dengan air laut biru tosca dan kehijauan serta ombaknya landai.

Di sekitarnya adalah bukit di sertai bongkahan batuan cadas yang membuat formasi indah di tepi pantai.

Tempat wisata menarik lain yang tak boleh dilewatkan saat ke Sabu Raijua adalah Kelabba Maja yang dijuluki Grand Canyonnya NTT. Kelabba Maja menyajikan keajaiban alam luar biasa dan punya nilai sakral di kalangan masyarakat setempat.

Deretan tebing kapur merah tua, pink, coklat, putih, dan kelabu itu diperkirakan terbentuk lebih dari 70 juta tahun yang lalu.

Sabu sendiri merupakan percabangan dua jalur geantiklinal Busur Banda yang dikelilingi terumbu karang dengan ketinggian mencapai 300 MDPL. Salah satunya membentuk Kelabba Maja. Kelabba Maja berasal bahasa warga setempat. Kelabba berarti tanah abu, maja artinya rumah para dewa.

Kemudian ada juga Goa Lie Madira, Desa Adat Namata, Danau Lederaga, Pantai Seba, dan lainnya.

Kondisi jalanan di pulau ini sebagian memang sudah beraspal, tetapi juga masih ditemukan jalanan bebatuan dan tanah di beberapa tempat yang letaknya tak jauh dari tepi pantai.Akses Menuju Pulau Raijua

Jika Anda dari Jakarta, bisa terbang dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang ke Bandara El Tari, Kupang dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Dari Bandara El Tari lanjut penerbangan lagi dengan pesawat kecil menuju Bandara Tardamu Sabu. Atau bisa juga naik kapal cepat dari Kupang ke Sabu Raijua dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Jika mau lebih murah bisa naik kapal ferry tapi durasi penyeberangannya 10 jam.

Mengingat belum ada transportasi umum yang representatif di Sabu Raijua, maka Anda bisa menyewa sepeda motor penduduk setempat untuk berkeliling pulau. Atau naik kapal nelayan untuk mengakses pulau-pulau sekitar.

Sumber : okezone

0 comments: