Cara Pakai Fitur 'Ajaib' Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Internet

Jumat, Januari 06, 2023 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



WhatsApp baru saja meluncurkan fitur baru, yaitu berkirim pesan tanpa perlu internet. Ini tentu membantu misalnya saat internet tumbang, terutama khususnya di negara yang kadang memblokir internet ataupun WhatsApp sendiri. Bagaimana cara menggunakannya?
WhatsApp menyebut fitur ini telah tersedia di versi terbaru WhatsApp. Bagi yang belum tunggu saja, karena disebar bertahap. Sekali lagi, fitur ini ditujukan dalam keadaan darurat, bukan untuk sehari-hari.

"Saat tidak dapat terhubung ke WhatsApp secara langsung, Anda dapat terhubung via aplikasi melalui server proxy yang disiapkan oleh sukarelawan dan organisasi khusus yang bertugas untuk membantu pengguna berkomunikasi dengan aman dan bebas," sebut WhatsApp 

Menurut WhatsApp, menggunakan proxy tidak mengubah tingkat privasi dan keamanan tinggi yang disediakan WhatsApp kepada semua pengguna.

"Pesan dan panggilan pribadi Anda akan tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Artinya, pesan dan panggilan hanya diketahui oleh Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda, dan tidak dapat dilihat oleh orang lain, bahkan server proxy, WhatsApp, atau Meta," tambah mereka. Berikut caranya:

Mencari proxy yang akan digunakan

Jika Anda memiliki akses Internet, Anda dapat mencari sumber tepercaya yang telah membuat proxy melalui media sosial atau mesin pencari.

Menghubungkan ke proxy di Android

1. Pastikan menggunakan WhatsApp versi terbaru.
2. Di tab Chat, ketuk Opsi lainnya lalu Setelan.
3. Ketuk Penyimpanan dan data>Proxy (letaknya paling bawah).
4. Ketuk Gunakan proxy.
5. Ketuk Setel proxy dan masukkan alamat proxy.
6. Ketuk Simpan.
7. Tanda centang akan muncul jika koneksi berhasil.
8. Jika masih tidak dapat mengirim atau menerima pesan WhatsApp menggunakan proxy, proxy tersebut mungkin telah diblokir. Kalian dapat menekan lama alamat proxy yang diblokir untuk menghapusnya, lalu memasukkan alamat proxy baru untuk mencoba lagi


Menghubungkan ke proxy di iPhone

1. Pastikan menggunakan WhatsApp versi terbaru.
2. Buka Setelan WhatsApp.
3. Ketuk Penyimpanan dan data>Proxy.
4. Ketuk Gunakan proxy.
5. Masukkan alamat proxy lalu ketuk Simpan untuk menghubungkannya.
6. Tanda centang akan muncul jika koneksi berhasil.
7. Jika masih tidak dapat mengirim atau menerima pesan WhatsApp menggunakan proxy, proxy tersebut mungkin telah diblokir. Coba lagi menggunakan alamat proxy yang berbeda

Saat kalian menggunakan proxy pihak ketiga, alamat IP akan dibagikan dengan penyedia proxy. Proxy pihak ketiga tidak disediakan oleh WhatsApp.

Sumber : detik.com

0 comments: