Cuaca Ekstrem Bikin Masuk Angin, Ini 6 Tips Mengatasinya!

Senin, Januari 09, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

CUACA ekstrem membuat tubuh lebih mudah terserang masuk angin. Apalagi jika banyak beraktivitas di luar dan kelelahan.

Masuk angin sendiri merupakan kondisi tubuh saat terasa sedang tidak enak badan, seperti pusing, mual, demam, hidung tersumbat, dan lain sebagainya. Dalam dunia medis, gangguan kesehatan yang memiliki gejala masuk angin ini sebenarnya bernama flu atau common cold.

Lantas bagaimana tips mengatasi masuk angin dirangkum dari Web MD, yang sudah ditinjau secara medis oleh Brunilda Nazario, MD.

1. Beristirahat

Jangan paksakan untuk langsung kembali beraktivitas, istirahat yang cukup saat mulai merasa masuk angin. Hal ini membantu tubuh agar bisa mengarahkan energinya untuk meningkatkan kekebalan. Beristirahatlah dengan berbaring di bawah selimut yang hangat dan nyaman.

2. Minum air hangat atau teh hangat

Konsumsi air hangat punya manfaat untuk membantu melegakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi. Minumlah teh seperti camomile, yang bisa membantu menenangkan selaput meradang yang tidak nyaman yang melapisi hidung dan tenggorokan. Tambahkan madu sebagai pemanis alami yang sekaligus berfungsi menenangkan saluran udara dan hadir sebagai antivirus dan antibakteri.

3. Berkumur

Berkumur bisa melembabkan tenggorokan yang sakit dan memberikan kelegaan sementara. Coba berkumur dengan satu sendok teh garam yang dilarutkan dalam air hangat, selama empat kali sehari. Bisa juga dengan mencampurkan satu sendok makan air perasan lemon dalam dua cangkir air panas dengan satu sendok teh madu. Biarkan campuran mendingin sebelum berkumur. Namun ingat, madu tidak boleh diberikan kepada anak di bawah usia 1 tahun ya!

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa melembabkan saluran hidung dan membuat kita jadi rileks. Jika pusing karena flu, coba mandi air hangat sambil duduk di kursi dan mandi menggunakan spons.

5. Sering meniup hidung

Ternyata sangat penting untuk meniup hidung mengeluarkan cairan ingus secara teratur ketika sedang pilek, daripada menarik lendir kembali ke kepala. Tapi inhgat, jangan meniup dengan keras, sebab tekanannya bisa menyebabkan sakit telinga.

Cara terbaik untuk meniup hidung, dengan dengan menekan satu jari di atas salah satu lubang hidung saat meniup dengan lembut untuk membersihkan lubang hidung lainnya. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir setelah membuang lendir hidung ya!

6. Menghangatkan badan

Kamu bisa menghangatkan badan dengan minum jahe, pakai minyak kayu putih di perut dan dada, juga pake kaos kaki, sweater dan selimut hangat. Lalu banyak-banyak istirahat sehingga badan segar dan pulih kembali.

Sumber :okezone.com

0 comments: