Elon Musk Siapkan Twitter Blue Versi Bebas Iklan

Selasa, Januari 24, 2023 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Twitter sudah memiliki layanan berlangganan Twitter Blue yang memungkinkan pengguna membeli centang biru. Kini Elon Musk mengungkap Twitter sedang menyiapkan layanan berlangganan baru yang bebas iklan.

Dalam cuitannya di Twitter, Musk pertama mengakui bahwa iklan di Twitter muncul terlalu sering dan terlalu besar. Ia mengatakan sedang mengambil langkah untuk mengatasi dua isu tersebut.

Dalam cuitan terpisah, Musk juga menambahkan bahwa Twitter akan merilis layanan berlangganan yang memungkinkan pengguna melihat timeline yang bebas dari iklan, tapi dengan biaya yang lebih mahal.

"Juga, akan ada langganan dengan harga lebih tinggi yang memungkinkan nol iklan," kata Musk dalam cuitannya, seperti dikutip dari The Verge, Senin (23/1/2023).

Belum diketahui berapa biaya berlangganan layanan premium bebas iklan ini. Tapi Twitter Blue yang sekarang tersedia dibanderol USD 8 jika berlangganan via web hingga USD 11 per bulan jika berlangganan via Android atau iOS.

Saat ini pelanggan Twitter Blue bisa mendapatkan fitur eksklusif seperti centang biru, edit tweet, unggah video 1080p yang lebih panjang, dan lain-lain. Pelanggan Twitter Blue juga dijanjikan akan melihat lebih sedikit iklan dibandingkan pengguna biasa, tapi fitur ini masih belum diluncurkan.


Kabar ini datang tidak lama setelah laporan dari The Information yang mengungkap pendapatan Twitter turun 40% dalam hari yang sama dibandingkan satu tahun yang lalu

Dalam salah satu slide internalnya, Twitter mengaitkan penurunan tersebut dengan peluncuran awal Twitter Blue, yang menggunakan fitur verifikasi berbayar itu untuk meniru akun selebriti, brand, dan politisi ternama.

Twitter juga belum lama ini memblokir klien pihak ketiga seperti Tweetbot dan Twitterific karena dianggap melanggar perjanjian developer. Padahal aplikasi pihak ketiga seperti ini biasanya menawarkan lebih banyak fitur ketimbang aplikasi Twitter, termasuk melihat timeline bebas iklan

Sumber : detik.com

0 comments: