Fitur Baru TikTok Bakal Ingatkan Waktu Tidur ke Pengguna

Minggu, Januari 08, 2023 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments

 

TikTok tengah menguji coba fitur baru bernama Sleep Reminders. Fitur ini bakal mengingatkan waktu tidur ke para penggunanya.

Fitur baru TikTok ini bermanfaat bagi kamu yang kerap menghabiskan waktu berjam-jam scrolling TikTok. Pasalnya, setelah memasuki waktu tidur, pengguna mendapat peringatan sehingga tidak menghabiskan waktu begadang di depan layar.Mengutip laman Tech Times, Minggu (8/1/2023), media sosial besutan perusahaan Tiongkok ini mencoba fitur peringatan bagi pengguna untuk tidak terlalu lama berada di platformnya.

Berdasarkan laporan Tech Crunch beberapa waktu lalu, sejumlah pengguna TikTok mengeluhkan mereka kehilangan beberapa jam karena terus menyaksikan video di TikTok di waktu saat harusnya mereka istirahat.

TikTok pun mengonfirmas, pihaknya memang kini mengembangkan fitur sleep reminder. Faktanya, anak perusahaan Bytedance ini menguji coba fitur tersebut kepada sebagian penggunanya di berbagai belahan dunia.

Perlu dicatat, layanan berbagi video YouTube telah memiliki fitur serupa, yang mengingatkan pengguna atas waktu tidur.

Menurut laporan The Verge, YouTube merilis fitur bernama Bedtime Reminder itu sejak Mei 2020. Fitur tersebut memungkinkan pengguna di aplikasi YouTube Android dan iOS untuk mendapatkan pengingat jika hari memasuki waktu tidur, alih-alih menghabiskan waktu menonton video.
Layaknya alarm di smartphone, fitur pengingat tidur ini hadir dengan opsi pengabaian (dismiss) dan tunda (snooze), jika pengguna mau mengorbankan waktu tidurnya.


Kini, TikTok terlihat mengikuti langkah YouTube dengan menghadirkan fitur serupa, yakni pengingat untuk tidur.
Aplikasi media sosial asal Tiongkok ini tengah mencoba fitur pengingat tidur sehingga cara kerja fitur tersebut dapat diketahui.

Tech Crunch menjelaskan, Sleep Reminder adalah opsi yang kini tersedia bagi pengguna-pengguna TikTok terpilih. Mereka bisa mengatur waktu tidur yang diinginkan di aplikasi TikTok.

Dari situlah, fitur pengingat tidur akan akan memperingatkan pengguna jika hari telah memasuki jam tidur.
Di atas itu semua, TikTok juga membisukan aplikasi setelah pengguna tertidur. Itu artinya, notifikasi bakal dimatikan selama tujuh jam, saat pengguna tertidur. Hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan pengguna dari gangguan tidur.

Meski kini fitur tersebut diujicobakan untuk sejumlah pengguna terpilih di berbagai negara, TikTok tidak menyebutkan kapan fitur ini akan digulirkan.

Sumber : liputan.6

0 comments: