Ikut IISMA, Mahasiswa Unair Ini Berbagi Pengalaman Kuliah di Hungaria

Jumat, Januari 20, 2023 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Merasakan kuliah di luar negeri tentu jadi impian banyak orang, salah satunya Walidil Afi, mahasiswa program studi (prodi) Bahasa dan Sastra Inggris dari Universitas Airlangga (Unair).

Afi berkesempatan berkuliah di University of Szeged melalui program besutan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), yakni Indonesian International Student Mobility Award atau biasa dikenal dengan sebutan IISMA.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya itu mendapat beasiswa penuh belajar di salah satu universitas Hungaria selama satu semester. Banyak pengalaman yang ia dapatkan saat menempuh pendidikan di University of Szeged.

Prinsip Work Life Balance Masyarakat Hungaria
Ia bercerita, masyarakat Hungaria memiliki prinsip work life balance, yang berarti berpegang pada waktu dalam melakukan hal apapun.

"Misalnya, bus akan selalu datang tepat waktu. Di sini, kalau mau nyebrang, pengemudi otomatis berhenti, meskipun jarak mereka tidak terlalu jauh. Jadi, benar-benar aman," katanya Afi, dikutip dari laman resmi Unair pada Kamis (19/1/2023).

Lebih lanjut ia memaparkan, ketika libur masyarakat Hungaria benar-benar menghabiskan waktunya untuk berlibur dan tidak melakukan pekerjaan.

Bahkan, toko-toko di sana tutup pada hari libur. Begitu pun saat jam kerja, jam 8 atau 9 malam, semua toko otomatis tutup. Ini membuktikan masyarakat Hungaria tidak berlebihan dalam bekerja.

"Mereka benar-benar takes time buat liburan, gak overwork," tambahnya

Metode Pembelajaran di University of Szeged
Menurut Afi, metode pembelajaran yang berlaku di University of Szeged membuatnya nyaman. Di sana, mahasiswa bisa dengan bebas mengekspresikan diri selama proses pembelajaran karena para dosen atau pengajar menganggap mahasiswa setara dengan mereka. Hal tersebut membuat pembelajaran lebih fleksibel dan santai.

"Selain itu, aku juga dapat kelas field trip yang gak pernah aku dapatin. Jadi, benar-benar langsung belajar ke situs atau tempat sejarahnya. Terus, kalau ujian di sini harus daftar dulu di website kampus dan kita bisa retake sampe beberapa kali hingga memuaskan," paparnya.

Transportasi dengan Sistem yang Terintegrasi
Afi juga bercerita mengenai transportasi di Hungaria yang sistemnya terintegrasi sehingga membuatnya nyaman. Masyarakat di sana dapat menikmati jenis transportasi apapun dalam kota dengan membeli tiket bulanan.


"Semuanya benar-benar bisa diakses dan bahkan ramah bagi beberapa komunitas, seperti lansia dan ibu dengan kereta dorong bayi. Mereka diprioritaskan di dalam kendaraan umum dan orang-orang sadar akan itu," lanjutnya.

Tips Sukses Lolos IISMA ala Afi
Usai berbagi pengalaman kuliahnya di Hungaria, Afi membagikan kiat-kiat sukses lolos program IISMA. Ia berpesan untuk tidak melewatkan kesempatan yang ada dan mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari.

Sebagai contoh, melakukan riset program IISMA dan kriteria awardee (penerima beasiswa), lalu riset terkait negara dan host university yang akan dipilih, serta persiapan bahasa Inggris dan menggali minat diri.

"Kembangkan diri melalui berbagai aktivitas konstruktif, diskusi dengan alumni IISMA, kenali diri kalian, apa yang sudah kalian lalui dan pelajari sejauh ini, serta apa aspirasi kalian dan bagaimana cara mendapatkannya," urai Afi.

Menurutnya, IISMA menjadi platform untuk belajar secara akademik di luar negeri. Program tersebut memberinya kesempatan untuk mengenal diri sendiri dan apa yang ingin dilakukan ke depannya.

Sumber : detik.com

0 comments: