India Luncurkan Kapal Pesiar Mewah Lintasi Sungai, Bukan Lautan

Rabu, Januari 11, 2023 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



India menawarkan paket liburan tidak biasa. Wisatawan diajak naik kapal pesiar dengan melintasi sungai, bukan lautan.

Kapal pesiar yang melintasi sungai itu adalah MV Ganga Vilas. Kapal pesiar itu bahkan diklaim sebagai pelayaran sungai terpanjang di dunia. Kapal itu akan diluncurkan oleh Perdana Menteri Narendra Modi dalam waktu dekat.

MV Ganga Vilas merupakan kapal pesiar mewah yang akan berlayar selama 51 hari dengan melintasi lebih dari 3.200 km. Sebanyak 27 sungai di lima negara bagian India dan Bangladesh akan dijelajahi kapal pesiar itu.

"Warisan kita yang kaya akan semakin 'terlihat' di panggung dunia karena wisatawan bisa mendapatkan pengalaman spiritual, edukasi, kesejahteraan, budaya, serta keanekaragaman hayati India. Dari Kashi ke Sarnath, dari Majuli ke Mayong, dari Sunderbans ke Kaziranga, pelayaran ini mengemas pengalaman seumur hidup, "kata Menteri Persatuan Pelabuhan, Perkapalan, dan Perairan India, Sarbananda Sonowal, seperti dikutip dari Hindustan Times.

Kapal pesiar itu juga bakal melintasi banyak tempat bersejarah, budaya, dan agama penting seperti "Ganga Arti" di Varanasi, Sarnath, Mayong, dan Majuli di Assam.

Wisatawan juga mendapatkan kesempatan untuk melihat Sunderbans, yang terkenal dengan Royal Bengal Tigers dan Taman Nasional Kaziranga, yang merupakan habitat badak bercula satu.

Delapan kapal pesiar sungai saat ini beroperasi antara Kolkata dan Varanasi. Ada pula yang beroperasi di National Waterways 2 (Brahmaputra). Banyak kegiatan olahraga air seperti arung jeram, berkemah, tamasya, dan kayak beroperasi di banyak tempat di negara ini.


Kapal pesiar sungai itu memiliki tiga geladak dan 18 suite di dalamnya dengan kapasitas 36 wisatawan. Selain itu, sejumlah fasilitas keren dimiliki kapal tersebut.

Berikut fasilitas kapal pesiar MV Ganga Vilas:
Durasi pelayaran: 51 hari, mencakup lebih dari 50 tempat wisata termasuk view warisan dunia, taman nasional, Sungai Ghats, dan kota-kota besar seperti Patna, Sahibganj, Kolkata, ibu kota Bangladesh, Dhaka, dan Guwahati.
Ukuran: Panjang 62 meter dan lebar 12 meter serta layar dengan draft 1,4 meter. Kapal memiliki 3 dek dan 18 suite di kapal
Kapasitas: 36 wisatawan
Kapal mengikuti prinsip berkelanjutan pada intinya karena dilengkapi dengan mekanisme bebas polusi dan teknologi pengendalian kebisingan.

Sumber : detuk.com

0 comments: