Intip Bisnis dan Kekayaan Ridwan Kamil, Arsitek Handal yang Jadi Politisi

Senin, Januari 09, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2023 01 06 455 2741424 intip-bisnis-dan-kekayaan-ridwan-kamil-arsitek-handal-yang-jadi-politisi-L3pNg24JFD.jpg
Kekayaan Ridwan Kamil. (Foto: Okezone.com/Pemprov Jabar)

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi perbincangan usai ramai soal Masjid Al Jabbar di Kota Bandung. Kolam di area masjid pun dipakai berenang oleh pengunjung terutama anak-anak.

Ridwan Kamil pun segera membuat aturan dalam pengelolaan Masjid Al Jabbar Kota Bandung. Aturan dibuat berdasarkan dinamika yang terjadi saat masjid kebanggaan warga Jabar itu.

Ridwan Kamil yang juga menjabat Ketua Ex Officio DKM Masjid Raya Al Jabbar mengakui bahwa aturan pengelolaan masjid ini belum disempurnakan. Oleh karena itu, aturan bakal disempurnakan dan ditargetkan rampung Februari 2023.

"Februari-lah (aturan disempurnakan). Selama Januari, kami mengamati semua dinamika. Disempurnakan, direspons yang kecil, yang besar. Pada Februari, seiring pembukaan museum, pengelolaan Masjid Al Jabbar sudah lebih sempurna," ungkap Ridwan Kamil.

Lalu berapa harta kekayaan Ridwan Kamil?Mengutip data LHKPN, Harta Ridwan Kamil sebesar Rp21,8 miliar. Terdiri dari Tanah Rp19,4 miliar di Kota Bandung hingga Jakarta Selatan.

Kemudian kendaraan mencapai Rp509 juta, harta bergerak lainnya Rp367,1 juta, surat berharga Rp720 juta. Kas dan setara kas Rp4,3 miliar, harta lainnya Rp388 juta. Utang Ridwan Kamil mencapai Rp3,9 miliar.

Ridwan Kamil ternyata memiliki latar pendidikan di bidang arsitektural dan urban desain.

Dari kemampuannya itu, Ridwan Kamil memiliki suatu perusahaan bernama PT Urbane Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang konsultan perencanaan, arsitektur dan desain.

Perusahaan milik Ridwan Kamil tersebut pun menjadi salah satu perusahaan arsitektur terbesar di Indonesia.

Sumber : okezone

0 comments: