Intip Harta Kekayaan Gubernur Papua Lukas Enembe yang Baru Ditangkap

Selasa, Januari 10, 2023 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Gubernur Papua Lukas Enembe hari ini telah ditangkap polisi. Diketahui bahwa sebelumnya Lukas sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas kasus dugaan suap dan gratifikasi Rp 1 miliar.
Kabar penangkapan Lukas Enembe turut dibenarkan Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri. "Iya (diamankan)," ujar Irjen Mathius D. Fakhiri saat dihubungi detikcom, Selasa (10/1/2023).

Berdasarkan informasi yang telah dihimpun, hari ini Lukas Enembe dibawa ke Brimob Polda Papua. Kendati demikian, Irjen Mathius belum mengonfirmasi lebih lanjut terkait penangkapan Lukas.

Irjen Mathius mengatakan hal ini sebaiknya ditanyakan ke pihak KPK lebih lanjut. Pihak kepolisian hanya membantu menangkap Lukas Enembe. "Nanti tanya saja ke KPK, kami hanya membantu saja. Silakan tanya ke KPK," ujar Mathius.

Di luar itu, sebagai pejabat daerah, Lukas Enembe sebelumnya pernah melaporkan jumlah harta dan kekayaan yang dimilikinya ke KPK. Lantas berapa harta kekayaan yang dimilikinya?


Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Lukas Enembe terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 31 Maret 2022 untuk periodik 2021. Lukas menyampaikan kekayaannya senilai Rp 33,78 miliar.

Menurut laporan tersebut nampak bahwa sebagian besar harta miliknya terdiri atas tanah dan bangunan dengan total nilai mencapai Rp 13,6 miliar. Dirinya diketahui memiliki 6 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Kab/Kota Jayapura.

Selain itu, Lukas juga memiliki alat transportasi dan mesin berupa 4 (empat) unit mobil dengan total aset senilai Rp 932,48 juta. Sementara itu dirinya tercatat tidak memiliki harta bergerak lainnya. Namun di luar itu ia masih memiliki surat berharga senilai Rp 1,26 miliar dan harta kekayaan berupa kas dan Setara kas sebesar Rp 17,98 miliar.

Di sisi lain dirinya tercatat tidak memiliki hutang dalam bentuk apapun. Oleh karena itu Gubernur Papua Lukas Enembe tercatat memiliki total kekayaan mencapai Rp 33.784.396.870 (Rp 33,78 miliar).

Sumber : detik.com

0 comments: