Kenapa Tinju Disebut Boxing?

Rabu, Januari 25, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Berikut alasan kenapa tinju disebut boxing (Foto: Reuters)

ALASAN kenapa tinju disebut boxing akan diulas dalam artikel Okezone. Tinju merupakan salah satu olahraga yang digemari banyak orang di seluruh dunia.

Tinju sendiri merupakan olahraga dan seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat badan yang sama dan bertanding satu sama lain. Kedua peserta akan bertanding dengan menggunakan sarung tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang disebut ronde.

Tinju juga menjadi salah satu olahraga tertua. Tinju sendiri lahir di Afrika dan berasal dari 6.000 tahun sebelum masehi di Ethiopia.

Dalam pertandingannya, kedua petinju menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulannya ke lawan. Petinju dengan nilai yang lebih tinggi setelah menjalankan sejumlah ronde yang direncanakan akan dinyatakan sebagai pemenang.

Selain itu, kemenangan juga diperoleh jika lawan yang dipukul jatuh dan tidak dapat bangkit hingga hitungan kesepuluh dari wasit. Lantas, kenapa tinju disebut dengan Boxing?

Kata “tinju” sendiri merupakan terjemahan dari bahasa Inggris “boxing” atau “Pugilism”. Kata Pugilism berasal dari bahasa latin, pugilatus atau pinjaman dari bahasa Yunani Pugno, Pignis, Pugnare, yang menandakan segala sesua

Selain itu, istilah boxing juga muncul pada akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20. Hal itu terjadi ketika arena bertanding tinju berupa ring yang berbentuk kotak pertama kali digunakan.

Tinju

Pada zaman dahulu, para petinju bertarung di dalam arena yang berbentuk lingkaran yang digambar di atas tanah. Kemudian para penonton berkerumun di sekitar lingkaran tersebut dengan membentuk semacam pembatas berbentuk cincin dengan memegang tali.

Ketika jumlah penonton yang terus bertambah, ring semacam ini menjadi kurang memadai sehingga dibuatlah sebuah arena dengan cara mengencangkan tali pada empat tonggak yang ditancapkan ke tanah. Karena arena tersebut berbentuk kotak orang-orang kemudian menyebut para petarung sedang “dikotakkan” atau “boxed in” dan sedang melakukan “boxing”.


Sumber : okezone.com

0 comments: