Kisah Sukses Mantan Buruh Migran, Raih Cuan dari Jualan Jengkol ke Luar Negeri

Senin, Januari 23, 2023 Majalah Holiday 0 Comments


JAKARTA, iNews.id - Kisah sukses mantan buruh migran asal Banyuwangi, Sri Wulandari, sangat menginspirasi. Mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akrab disapa Wulan ini, berhasil meraih cuan dari jualan jengkol dan petai ke luar negeri.  

Dihimpun dari berbagai sumber, salah satu negara yang menjadi target ekspor Wulan adalah Hongkong. Dengan memanfaatkan jaringan sesama TKI, Wulan mampu merambah pasar ekspor di negara tersebut. 

Sebagai mantan buruh migran selama hampir satu dekade, Wulan pernah bekerja di 3 negara yakni Jepang, Singapura dan Hongkong. 

Hal itulah yang menyebabkan dia memiliki banyak jaringan. Dihimpun dari berbagai sumber, Wulan menuturkan, bisnis ekspor yang ditekuninya saat ini berjalan secara tidak sengaja. Awalnya, Wulan membuka warung kecil-kecilan di kantin sekolah dengan menjual makanan seperti seblak, sempol dan cilok setelah pulang ke tanah air.

Beberapa waktu kemudian, dia berkenalan dengan lembaga Migran Care, salah satu organisasi yang mendorong terwujudnya kehidupan TKI dan mantan TKI yang bermartabat. 

Wulan kemudian mulai aktif berorganisasi, dan mendapatkan banyak pengalaman melalui pelatihan-pelatihan serta memperluas jaringannya. Suatu hari, Wulan mendapat permintaan dari temannya untuk mengirimkan jengkol dan petai ke Hongkong.

 Berawal dari iseng, semakin hari permintaan dari Hongkong semakin meningkat, mulai dari 5 kilogram jengkol dan petai setiap minggu, sekarang mencapai 25 kilogram setiap minggu.

Bahkan bukan hanya jengkol dan petai, Wulan pun melayani permintaan ke produk-produk Indonesia lainnya, seperti keripik, pakaian dan lain sebagainya hingga membuat nama Wulan terkenal di kalangan PMI Hongkong. 

Kini selain makanan, usaha pengiriman barang yang dilakukan oleh Wulan sudah meluas ke produk garmen. Ia mengirimkan pakaian muslimah untuk dijual di Hongkong. Meski terkendala untuk akses izin eksportir dalam jumlah yang besar, usahanya masih tetap berjalan dan kini Wulan melayani pengiriman produk apapun sesuai dengan permintaan.

Sumber : inews

0 comments: