Lakukan 3 Tips Turunkan Berat Badan, Hasilnya Sangat Cepat!

Senin, Januari 09, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Diet (Foto: Insane good recipes)


MENURUNKAN berat badan selain bagus untuk penampilan, juga memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan Anda. Diet yang tidak tepat dan membuat Anda merasa lapar dan secara ekstrem membatasi makanan-makanan kesukaan Anda, hal ini tentu mustahil untuk membuat diet bertahan lama.

Alih-alih mengikuti pola hidup sehat dan menyeimbangkan makanan yang dikonsumsi, pola diet seperti itu adalah alasan utama mengapa sulit untuk tetap berpegang pada meal planning sehat yang sangat berkontribusi dalam penurunan berat badan.

Setiap orang memiliki kebutuhan yang unik, gaya, serta tips makan yang berbeda, mungkin diet keto baik untuk Anda tapi belum tentu bekerja pada tubuh orang lain.

Berikut adalah beberapa tips yang didukung sains untuk membantu Anda menurunkan berat badan yang mencakup makan sehat, serta memilih karbohidrat dengan hati-hati, yang bertujuan untuk:

- Mengurangi nafsu makan dan tingkat kelaparan sambil membuat Anda kenyang

- Mendapatkan penurunan berat badan yang konsisten dari waktu ke waktu

- Membantu meningkatkan kesehatan metabolisme pada waktu yang sama

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan bertahan dalam jangka panjang, kuncinya adalah konsisten dengan pola hidup sehat. Berikut ini adalah 3 tips untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan secara cepat yang dilansir dari Healthline.

1. Kurangi karbohidrat olahan

Salah satu cara untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat. Hal ini bisa dengan pola makan rendah karbohidrat atau dengan mengurangi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan biji-bijian.

Saat Anda melakukan itu, tingkat rasa lapar akan turun, dan biasanya makan lebih sedikit kalori.

Dengan pola makan rendah karbohidrat, Anda akan memanfaatkan pembakaran lemak yang tersimpan untuk energi, bukan karbohidrat.

Jika Anda memilih untuk makan lebih banyak karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, Anda akan mendapat manfaat dari serat yang lebih tinggi dan mencernanya lebih lambat.

Penelitian juga menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat mengurangi nafsu makan, yang dapat menyebabkan makan lebih sedikit kalori secara alami tanpa menyebabkan rasa lapar.

2. Makan-makanan protein, lemak, dan sayuran

Untuk mendapatkan makanan yang seimbang, dan membantu menurunkan berat badan, beberapa makanan yang harus dikonsumsi mencakup sumber protein, sumber lemak, dan sayuran, serta sebagian kecil karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian.

Makanan protein dalam jumlah yang disarankan sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan massa otot Anda saat menurunkan berat badan.

Studi menunjukkan bahwa mendapatkan asupan protein yang cukup dapat meningkatkan faktor risiko kardiometabolik, menekan nafsu makan serta berpengaruh dengan berat badan.

3. Aktif Secara Fisik

Olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah angkat beban.

Jenis olahraga satu ini membantu Anda untuk membakar kalori dan membantu mencegah metabolisme melambat, yang berpengaruh pada penurunan berat badan.

Cobalah latihan kekuatan selama tiga hingga empat kali dalam seminggu. Selain angkat beban, Anda juga bisa melakukan beberapa latihan kardio seperti jalan kaki, jogging, lari, bersepeda, atau berenang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara umum

Latihan kardio dan angkat beban dapat membantu menurunkan berat badan serta menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya.

Berikut adalah 8 tips lainnya untuk membantu Anda menurunkan berat badan:

1. Sarapan berprotein tinggi

Makan sarapan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi keinginan dan asupan kalori sepanjang hari.

2. Batasi minuman manis dan jus buah

Kalori kosong dari gula tidak berguna bagi tubuh dan dapat menghambat penurunan berat badan.

3. Tetap terhidrasi

Minumlah air sepanjang hari dan targetkan setengah berat badan Anda dalam ons.

4. Makan lebih banyak serat

Studi menunjukkan bahwa makan serat dapat meningkatkan penurunan berat badan. Temukan serat dalam biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan berserat tinggi lainnya.

5. Minum kopi atau teh

Konsumsi kafein dapat membantu meningkatkan metabolisme. Namun, tak perlu berlebihan mengonsumsi kafein dan jangan menambahkan gula terlalu banyak ke minuman kafein Anda.

6. Dasarkan diet pada makanan utuh

Makanan utuh cenderung kaya akan nutrisi, lebih mengenyangkan, dan lebih kecil kemungkinannya menyebabkan makan berlebihan daripada makanan olahan.

7. Makan secara perlahan

Makan terlalu cepat dapat menyebabkan kenaikan berat badan dari waktu ke waktu, sementara makan perlahan membuat seseorang merasa lebih kenyang dan meningkatkan hormon penurun berat badan.

8. Dapatkan kualitas tidur yang baik

Tidur sangat penting karena berbagai alasan, dan kurang tidur adalah salah satu faktor risiko terbesar kenaikan berat badan.

Meskipun tips-tips di atas adalah permulaan yang baik, Anda juga perlu memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat memicu kenaikkan berat badan, salah satunya seperti mengurangi stres, dan juga aktif secara fisik atau berolahraga.


Sumber : okezone.com

0 comments: