Migrain di Pagi Hari, Atasi dengan 5 Tips Ini!

Senin, Januari 23, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi. (foto: Istimewa)

MIGRAIN lebih dari sekadar sakit kepala. Ini adalah kondisi neurologis kompleks yang dapat menyebabkan berbagai gejala.

Jika Anda menderita migrain, Anda tahu betapa menyakitkan kondisinya, serta betapa sulitnya menghilangkan sakit kepala migrain. Sangat mengganggu jika terjadi di pagi akhir pekan. Tentu akan merusak masa tenang liburan Anda.


Kuncinya adalah mencegah dan penanganan dini saat migrain menyerang merupakan kunci untuk menjaga agar kondisi tetap terkendali. Berikut adalah 5 tips yang dapat Anda coba untuk membantu mengobati migrain lebih awal dan menjaganya agar tidak bertambah parah yang dilansir dari Healthline. 

1. Kompres dingin

Menggunakan kompres dingin dapat membantu ketika mengalami migrain. Terapi dingin telah digunakan untuk mengobati migrain selama lebih dari 100 tahun, tetapi hanya ada sedikit penelitian ilmiah yang menunjukkan mengapa terapi dingin dapat membantu meredakan nyeri bagi sebagian orang.

Beberapa teori menyatakan bahwa terapi dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah atau memperlambat sinyal saraf yang terkait dengan nyeri migrain.

Bahkan penelitian terbaru belum menunjukkan dengan tepat bagaimana suhu dingin dapat membantu meredakan nyeri migrain.

Beberapa orang menemukan bahwa kompres es yang dioleskan ke kepala memberikan kelegaan yang menenangkan. Hal ini tentu sangat membantu ketika matahari atau panas menyebabkan migrain.

2. Temukan tempat yang tenang dan gelap untuk bersantai

Sensitivitas terhadap cahaya dan suara adalah salah satu gejala migrain yang paling umum. Coba untuk jauhi hal-hal ini jika Anda bisa. Dengan melakukannya dapat membantu Anda menemukan kelegaan dari rasa sakit dan dapat mengurangi stres.

Berbaringlah dan perhatikan pernapasan Anda. Cobalah mengambil napas dalam dan lambat dari diafragma. Rasakan perut naik saat menarik napas dan turun saat menghembuskan napas. Melakukan hal ini dapat membantu Anda rileks.

3. Hidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan bahkan migrain, tetapi penelitian baru menunjukkan hidrasi dapat mengurangi dan bahkan mencegah sakit kepala.

Dalam studi tersebut, orang yang meminum asupan air harian yang direkomendasikan mengalami sakit kepala yang jarang, kurang parah, durasinya lebih singkat. Jika Anda tidak minum cukup air secara teratur, meningkatkan asupan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit migrain dan mencegah serangan yang berulang.

4. Pijat

Pijat mungkin merupakan cara yang baik untuk bersantai dan memberikan perawatan diri, tetapi juga dapat membantu meredakan ketegangan dan bahkan mencegah sakit kepala dan migrain.

Sebuah studi menemukan bahwa 8 dari 10 orang mengalami sakit kepala yang berkurang setengahnya hanya dengan melakukan pijat. Beberapa titik pijatan yang diberikan ini juga berperan untuk meredakan migrain.

Penelitian tentang titik-titik tekanan dan pijat refleksi dalam mengatasi sakit kepala menunjukkan bahwa pijatan pada kaki, tangan, dan daun telinga dapat membantu meredakan nyeri migrain.

5. Jahe 

Beberapa makanan dapat memicu migrain, tetapi yang lain juga dapat membantu menghilangkannya. Sebuah studi baru menemukan bahwa jahe mampu mengurangi rasa sakit migrain secara signifikan dalam 2 jam, serta mengurangi mual dan muntah yang mungkin berhubungan dengan migrain.

Sementara sebagian besar penelitian menggunakan bubuk jahe, ataupun jahe yang diolah dalam berbagai jenis produk mulai dari teh dan permen.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengobati sakit migrain, dari kelima tips diatas mungkin salah satunya bisa bekerja dengan baik pada seseorang namun tidak orang lainnya. Sehingga setiap orang memiliki pengobatan yang berbeda-beda.

Kunci untuk mengobati migrain ini adalah mengetahui dan menghindari pemicunya, mengobati gejalanya sejak dini, dan menemukan obat atau terapi yang paling cocok untuk meringankan jenis nyeri migrain spesifik Anda.


Sumber : okezone.com

0 comments: