Nurhayati Subakat Jual Wardah dari Pintu ke Pintu, Kini Punya 10.000 Karyawan

Selasa, Januari 24, 2023 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Nama Nurhayati Subakat masuk dalam daftar 50 wanita berpengaruh se-Asia Pasifik, berdasarkan data Forbes 2022. Ia merupakan salah satu wanita dari Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut bersama dengan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Siapa Nurhayati Subakat? Nurhayati Subakat adalah Founder dan Chief Executive Officer (CEO) PT Paragon Technology and Innovation. Melalui perusahaannya itu, Nurhayati memiliki merek produk kecantikan halal dan terkenal di Indonesia yakni Wardah.

Mengutip dari Forbes, Kamis (19/1/2023) wanita lulusan apoteker itu memulai bisnisnya pada tahun 1985. Awalnya dia dan suaminya yang ahli kimia membuat produk salon rumahan yakni sampo. Produk salon itu dahulu dibuat di bawah perusahaan yang dibuat Nurhayati, Pusaka Tradisi.

Berlanjut pada 1993, Nurhayati Subakat dengan suaminya meluncurkan produk kosmetik untuk pertama kali bernama Putri. Menyadari banyak yang berminat pada produk halal, ia pun merilis produk Wardah dengan branding sebagai produk kecantikan halal.

Awalnya, Wardah dipasarkan ke pesantren dan dijual dari pintu ke pintu. Seiring berjalannya waktu, perusahaan suami istri itu berganti pada 2011 menjadi Paragon Technology & Innovation.


Dikutip dari detikEdu, selain merek Wardah Paragon juga melahirkan Make Over dan Emina pada 2010 dan 2014. Per 2018, ada 10 merk dagang yang lahir dari Paragon Technology and Innovation. Pada 2017 PTI memiliki 8.300 karyawan dan, menurut firma riset pasar ecommerceIQ, menguasai 30% pasar produk kecantikan di Indonesia.

Nurhayati Subakat menuturkan, industri kosmetik baginya sangat menjanjikan karena memiliki pertumbuhan yang selalu lebih tinggi dibandingkan dengan industri lain. Menurutnya, di kategori kosmetik, Paragon Technology and Innovation melewati perusahaan lain dengan share 29,7% di atas seluruh perusahaan lokal dan multinasional di Indonesia.

Kini perusahaan tersebut memiliki lebih dari 10.000 karyawan. Perjalanan Nurhayati Subakat dalam membangun bisnisnya selama kurang lebih 37 tahun, membuahkan hasil yang gemilang bagi dirinya. Nama Ibu tiga anak ini masuk dalam daftar 50 wanita berpengaruh se-Asia Pasifik versi Forbes.

Sumber : detik.com

0 comments: