Pandemi Bikin Nelangsa, Pencabutan PPKM Diharapkan Dongkrak Pariwisata Kota Batu

Kamis, Januari 05, 2023 Majalah Holiday 0 Comments


https: img.okezone.com content 2023 01 04 406 2739808 pandemi-bikin-nelangsa-pencabutan-ppkm-diharapkan-dongkrak-pariwisata-kota-batu-sragLZhgMV.JPG

PERHIMPUNAN Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu, Jawa Timur berharap pencabutan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di wilayah itu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kota Batu, Sujud Hariadi berujar bahwa pelaku usaha perhotelan menyambut baik pencabutan kebijakan PPKM yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Semoga dengan pencabutan PPKM ini, bisa menambah kunjungan wisatawan ke Kota Batu," kata Sujud.

Ia menjelaskan, peningkatan kunjungan wisatawan tersebut diharapkan bukan hanya terjadi pada orang-orang yang berwisata ke Kota Batu saja, akan tetapi juga masyarakat yang menginap pada hotel-hotel yang tersebar di wilayah tersebut.

Infografis Kebun Raya di Indonesia

Namun, lanjutnya, memang harus diakui bahwa adanya pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona dan kebijakan PPKM memberikan dampak terhadap daya beli masyarakat. Pandemi Covid-19, berimbas terhadap penghasilan yang diterima masyarakat.

"Pandemi dua tahun ini, tentunya ada imbas penurunan daya beli masyarakat, termasuk saat PPKM kemarin banyak yang tidak bisa bekerja, gaji yang diterima hanya setengah, atau bahkan ada yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi," kata dia.

Ia menambahkan, saat ini kebijakan pemerintah untuk mencabut PPKM tersebut, diharapkan bisa menjadi titik balik kebangkitan sektor pariwisata di wilayah Kota Batu, dan berharap resesi dunia tidak memberikan dampak ke Indonesia.

"Semoga imbas dari resesi dunia tidak sampai ke Indonesia, sehingga daya beli masyarakat tidak terlalu menurun. Agar Kota Batu semakin banyak dikunjungi wisatawan dari hari ke hari, semoga 2023 era kebangkitan pariwisata di Kota Batu," katanya.


Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kota Batu, sepanjang 2022, terdapat kurang lebih 7,4 juta wisatawan yang datang ke kota tersebut. Jumlah kunjungan itu lebih tinggi dibanding target yang ditetapkan yakni sebanyak lima juta kunjungan.

Tercatat, pada periode 1 Januari hingga 31 Desember 2022, ada 7.445.799 wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu. Pada triwulan I, jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batu sebanyak 1.676.005 wisatawan.

Infografis Traveling Aman

Angka tersebut mengalami peningkatan pada triwulan II dan III, yang masing-masing sebanyak 2.287.814 wisatawan dan triwulan III 2022 mencapai 2.030.132 wisatawan. Sementara pada triwulan IV, data sementara yang masuk lebih dari satu juta kunjungan wisatawan.

Sehingga, pada 2022 tersebut, di wilayah Kota Batu jumlah kunjungan wisatawan diperkirakan bisa lebih dari 7,5 juta kunjungan.


Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: