Pendamping Perceraian, Profesi Unik yang Dibutuhkan Pasangan untuk Mengakhiri Hubungan

Jumat, Januari 06, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi/Foto: BBC

Perceraian sangat menegangkan, dan sangat sulit dijalani, secara emosional maupun finansial. Kini, ada sekelompok orang yang bertugas membantu pasangan untuk bercerai.

Setelah Katie (60) mengetahui bahwa suaminya berselingkuh, hidupnya terasa seperti tidak menapak tanah selama enam bulan.

Dia menggambarkan permulaan proses perceraiannya seperti berkabung: ada paket makanan dari teman-teman, penurunan berat badan, perasaan marah dan banyak air mata.

Katie, yang tinggal di dekat Kota Bath, Inggris, merasa hancur dengan berakhirnya 35 tahun pernikahannya. Kemudian dia mendapat saran dari teman keponakannya, yang adalah seorang pengacara.

“Dia mengatakan bahwa jika saya mampu membayar pendamping perceraian, akan menjadi investasi terbaik saya,” katanya dilansir dari BBC, Kamis (5/1/2023).

Katie mendapatkan pendamping perceraian yang berbasis di Bristol, dan pengalaman itu digambarkannya sebagai "mengubah hidup".

Pendamping perceraiannya adalah mantan pengacara, dan sangat berfokus pada sisi emosional dalam menangani perpisahan.

Katie mengatakan bahwa sikap ini membantunya melihat kehidupan barunya sebagai sebuah peluang. Dia menyingkirkan barang-barang di rumahnya yang mengingatkannya pada pernikahannya, dan memutuskan untuk pergi keliling dunia.

"Saya ingat sekali berpikir: perceraian ini tidak akan menentukan kehidupan saya," katanya.

"Saya ingat satu sesi, pelatih perceraian saya berbicara tentang mengikuti ombak. Di laut, ombaknya memang besar dan kuat, tetapi yang paling penting adalah apa yang terjadi ketika mencapai pantai."

Menurut Skala Stres Holmes dan Rahe - yang mengukur stres dari berbagai peristiwa kehidupan, perceraian menempati urutan kedua dalam pengalaman hidup paling menegangkan. Yang pertama adalah kematian pasangan.

Munculnya semakin banyak 'pendamping perceraian' menjanjikan proses perpisahan menjadi sedikit lebih mudah. Para ahli mengatakan bahwa semakin banyak pasangan dan individu yang mencari bantuan pendamping untuk membantu mengarungi masa-masa paling sulit dalam perkawinan.

Pengacara perceraian pun mulai merujuk klien mereka pada layanan pendampingan yang dapat membantu mereka menangani tantangan emosional, keuangan dan logistik dalam mengakhiri pernikahan.

Fungsi pendamping perceraian

Bagi Natalia Juarez, seorang pendamping perceraian yang berbasis di Toronto, keputusannya untuk membantu orang lain dalam melalui perpisahan, punya alasan yang sangat pribadi.

Dia memulai layanan pendampingannya setelah mengakhiri pertunangannya di usia akhir 20-an, dan sekarang membantu membimbing individu, juga terkadang pasangan, yang sedang mengakhiri pertunangan maupun pernikahan mereka.

Juarez telah merancang proses yang cukup panjang, yang mencakup panggilan awal untuk menilai masalah inti yang menyebabkan perceraian dan untuk menetapkan tujuan, diikuti dengan sesi mingguan.

Dia merekomendasikan tiga bulan pendampingan, tetapi mengatakan bahwa sekitar setengah dari kliennya ingin terus didampingi setelah fase awal ini. Tarifnya mulai dari US$300 (Rp 4,6 juta) untuk sesi satu kali, sampai $3.000 (Rp 46 juta) untuk paket tiga bulan.

"Alasan paling umum orang kenapa orang mencari pendamping perceraian adalah karena mereka kewalahan secara emosional dan mental," katanya.


Sumber : okezone.com

0 comments: