Pertemuan Menlu ASEAN Digelar 3-4 Februari di Jakarta, Akan Bahas Timor Leste

Jumat, Januari 20, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Ketua ASEAN 2022 sekaligus Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Kamboja Prak Sokhonn (tengah) memimpin pertemuan Special ASEAN Ministerial Meeting di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Kamis (27/10/2022). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO
Pertemuan para menteri luar negeri ASEAN tahun ini dijadwalkan digelar pada 3-4 Februari 2023 mendatang. Dalam pertemuan itu, untuk pertama kalinya Timor Leste akan turut berpartisipasi selaku negara anggota terbaru ASEAN yang ke-11.
Keterangan tersebut dikonfirmasi oleh Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Sidharto Reza Suryodipuro, dalam sesi jumpa pers yang digelar Kementerian Luar Negeri RI, pada Kamis (19/1).
Sidharto menjelaskan, mengawali pertemuan para menteri luar negeri itu, terlebih dahulu akan dilaksanakan ASEAN Coordinating Council — salah satu badan tertinggi dalam kerangka ASEAN yang berperan dalam pengambilan keputusan.
Salah satu keputusan yang diambil, sambung Sidharto, adalah terkait keanggotaan Timor Leste dalam ASEAN dan bagaimana memaksimalkan perannya secara penuh.
“Tanggal 3 Februari itu adalah pertemuan dari ASEAN Coordinating Council — badan tertinggi di bawah Summit yang juga berfungsi untuk membuat keputusan di antara keputusan yang akan diambil terkait dengan Timor Leste,” tutur dia.
Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Sidharto Reza Suryodipuro, dalam jumpa pers Kemlu RI, Kamis (19/1/2023). Foto: Aliyya Bunga/kumparan
“Kemudian, pada kesempatan itu rencananya menlu Timor Leste pertama kalinya akan bergabung dalam meeting 32nd ASEAN Coordinating Council,” imbuhnya.
Pertemuan para menteri luar negeri yang akan digelar di Sekretariat ASEAN di Jakarta itu sekaligus akan mengawali perjalanan Indonesia sebagai pemegang keketuaan ASEAN tahun ini.

“Di situ juga akan disepakati tentang modalitas partisipasi Timor Leste,” terang Sidharto.
“Timor Leste sudah diterima sebagai negara ASEAN yang ke-11, tapi yang perlu diputuskan adalah bagaimana bentuk partisipasinya hingga mencapai tahap partisipasi penuh,” tutup dia.
Dengan masuknya Timor Leste sebagai anggota baru ASEAN, maka nantinya juga akan ada pembahasan terkait penyesuaian organisasi sebagai salah satu topik utama di pertemuan para menteri luar negeri ASEAN.
Usai mengarungi perjalanan dan penantian panjang, Timor Leste akhirnya direstui untuk menjadi anggota baru ASEAN pada November 2022 lalu. Pernyataan tersebut disampaikan lewat pernyataan pada KTT ASEAN di Kamboja, Senin (11/11/2022).
“Kami pada prinsipnya setuju Timor Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN,” bunyi pernyataan tersebut. “Langkah selanjutnya yang akan dijalani adalah roadmap untuk keanggotaan penuh akan diajukan pada tahun depan,” imbuhnya.
Timor Leste merupakan salah satu negara termuda di Asia usai berpisah dari Indonesia lewat referendum pada 1999 lalu. Pada 2002 kedaulatan Timor Leste diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Sejak itu, eks Provinsi ke-27 RI ini mencoba masuk ASEAN. Permohonan resmi keanggotaan ASEAN sudah disampaikan Timor Leste sejak 2011 lalu.

Sumber : kumparan.com

0 comments: