Ratu Margrethe Resmi Copot Gelar 4 Cucunya di Tengah Drama Kerajaan Denmark

Jumat, Januari 06, 2023 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Pada September 2022, Kerajaan Denmark mengumumkan akan mencopot gelar keempat cucu Ratu Margrethe. Meski jadi kontroversi namun Ratu dan kepala negara Denmark itu benar-benar melaksanakan aturannya.

Keempat anak pangeran Joachim, putra kedua Ratu Margrethe tidak lagi menyandang gelar pangeran dan putri. Pada 1 Januari, empat anak Joachim, Nikolai, Felix, Henrik, dan Athena secara resmi kehilangan gelar 'Yang Mulia' mereka.

Seperti yang terlihat di situs web yang diperbarui dari Rumah Kerajaan Denmark, titel mereka telah berganti menjadi His/Her Excellency atau Counts/Countesses.

Sejak pengumuman beberapa bulan lalu, keluarga kerajaan Denmark mengalami ketegangan. Pangeran Joachim secara terbuka mengungkapkan kekecewaan kepada ibunya.

Sang ratu mengambil keputusan tersebut dengan harapan keempat saudara bisa membentuk hidup mereka tanpa merasa dibatasi dengan tugas atau aturan kerajaan yang formal. Meski begitu, keputusan itu disebut melukai keluarga Pangeran Joachim.


Ada isu yang menyebut bahwa Pangeran Joachim menjadi anggota kerajaan yang diasingkan. Sejumlah komentator kerajaan di Denmark mengatakan bahwa keluarga Pangeran Joachim kurang bisa diterima setelah kalah dalam perebutan kekuasaan internal di rumah tangga kerajaan.

Senada dengan komentar tersebut, Pangeran 53 tahun itu pernah mengklaim bahwa dirinya sulit mendapat tempat di kerajaan. Dia mengaku rasa ketidakpuasannya tersebut sama seperti yang dirasakan ayahnya Pangeran Henrik.

"Putra Mahkota sudah jelas harus mengikuti alurnya. Namun berbeda dengan putra kedua dan istri orang tersebut, baik secara tertulis atau ucapan. Ayahku merasakan ketidakpuasan yang sama dan tidak pernah berhasil mendapatkan tempatnya di keluarga kerajaan," ucap Pangeran Joachim kepada Royal Central.

"Saya mengalami ketidakpuasan yang sama seperti ayah saya. Kami harus mencari tahu sendiri, sambil tetap berada dalam peran nomor dua," tambahnya.

Sumber : detik.com

0 comments: