Review Robot Vacuum Cleaner IT GS01, Bersih-bersih Rumah Santai dan Mudah

Selasa, Januari 10, 2023 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Produsen dan perusahaan teknologi perlengkapan rumah, berlomba memikat konsumen dengan merilis robot vacuum cleaner. Immersive Tech alias IT adalah salah satunya. Mereka menawarkan robot vacuum cleaner IT GS01 ke pasar.

Dalam beberapa tahun belakangan, penggunaan robot vacuum cleaner memang makin populer. Otomatis bergerak sendiri, punya desain modern dan futuristik, serta dibekali berbagai fungsi, tak heran membuat banyak orang penasaran dan tertarik dengan inovasi dalam hal bersih-bersih ruangan ini.

Bagaimana dengan robot vacuum cleaner IT GS01? Apakah perangkat ini menjanjikan kinerja bersih-bersih yang memuaskan? Sesuai dengan tagline yang diusung produk ini, "Let's clean with IT", mari mencoba bersih-bersih menggunakan IT GS01. Simak pengalaman detikINET setelah kurang lebih satu bulan menggunakannya.

Desain
Seperti kebanyakan robot vacuum cleaner yang sedang tren saat ini, IT GS01 berbentuk bundar dan pipih. Adapun warna yang dipilih IT untuk produknya ini hanya putih, tidak ada pilihan warna lain. Warna putih yang membalut hampir keseluruhan bodinya membuat robot ini berkesan bersih, elegan, dan simpel.

Di sisi atas ada tombol fisik untuk pengoperasian robot, di sisi kanan atas tombol tersebut, ada indikator koneksi WiFi. Di bagian depan, terdapat area sensor berwarna hitam. Bagian ini dilindungi bumper karet untuk menjaganya dari kerusakan akibat benturan atau tergores. Di sisi kanan yang cukup tersembunyi ada tombol fisik untuk menghidupkan dan mematikan robot, dan di sisi kiri terdapat lubang-lubang untuk pembuangan udara.

Kemudian di bagian belakang bodi robot, ada tangki pembuangan debu berukuran sedang, terbuat dari material semacam plastik berwarna kebiruan. Meski berbahan plastik, build quality tangki ini bagus, tidak ringkih sama sekali.

Robot ini punya dua jenis tangki untuk fungsi berbeda. Tangki pertama adalah 'tangki kering' yang menampung debu, berfungsi untuk menyapu ruangan. Tangki kering sudah dilengkapi penyaring atau filter HEPA yang diklaim mampu menyaring debu dan udara dengan baik.

Tangki yang kedua adalah 'tangki basah', yang diisi air yang sudah dicampur larutan pembersih lantai. Tangki ini dipakai ketika mode mop atau mengepel ruangan aktif. Robot akan secara pintar mendeteksi tangki mana yang terpasang.

Ketika ingin menyapu, kita harus ganti dulu menggunakan tangki kering. Begitu pun sebaliknya, jika ingin mengepel, maka ganti tangki kering dengan tangki berisi air. Tenang saja, tangki bisa bisa dilepas pasang dengan mudah.

Beralih ke bagian bawah, IT GS01 dibekali tiga roda. Ada dua roda di sisi kanan dan kiri untuk bergerak maju mundur, dan satu roda di bagian depan berfungsi untuk memutar dan berbelok ke kanan atau kiri.

Dalam paket penjualan produk ini, kita akan diberi aksesoris tambahan untuk filter HEPA, kain pel, sikat samping, dan sikat untuk membersihkan robotnya. Namun tidak ada informasi berapa lama masa pakai bagian-bagian tersebut dan kapan perlu diganti.

Baterai
Robot vacuum cleaner GS01 dibekali baterai berkapasitas 2500 mAH. Dalam pengujian, robot akan otomatis kembali ke dock pengisian baterai setelah membersihkan ruangan. Dalam pengujian, untuk ruangan berukuran 32 meter persegi, satu mode pembersihan (menyedot debu/mengepel) diselesaikan dalam waktu 20-30 menit, dan level baterai dari 100% menjadi 85%. Disarankan untuk meletakkan dock pengisi daya menempel di dinding serta di area yang rata agar robot lebih mudah berjalan ke dock.

Pastikan juga dock terhubung ke listrik selama robot sedang dipakai, sehingga alat ini bisa langsung mengenali tempat pengisian baterai ketika sewaktu-waktu perlu diisi ulang.

Pengoperasian robot
Sebelum menggunakan robot, jangan lupa menekan tombol power yang agak tersembunyi di sisi kanan. Robot akan mengeluarkan suara sebagai notifikasi bahwa mesin siap dipakai.

Ada tiga cara mengoperasikan robot ini. Pertama, dengan menekan tombol fisik di bagian atas robot. Robot akan mengaktifkan atau menghentikan proses bersih-bersih ketika kita menekan tombol ini.


Cara kedua, menggunakan remote control. Remote control ini sudah termasuk dalam paket pembelian. Ada sejumlah tombol untuk bermacam perintah yang lebih rumit dibandingkan cara pertama.

Lewat remote control ini, kita tak hanya bisa mengaktifkan atau menghentikan proses pembersihan, tetapi juga memilih mode pembersihan, memerintahkan robot kembali ke dock, mengatur gerakan robot secara manual, mengatur daya hisap vacuum, hingga membersihkan area yang sulit dibersihkan secara berulang-ulang

Cara ketiga, adalah menggunakan aplikasi IT Smart yang bisa didownload di smartphone Android atau iOS. Cara ketiga tampaknya yang paling nyaman digunakan, karena kontrolnya lebih detail. Selain mengontrol robot, kita juga bisa melihat status baterai, peta area yang sedang dibersihkan, waktu pembersihan, hingga melakukan schedule atau penjadwalan bersih-bersih.

Asyiknya, robot ini dapat dikoneksikan dengan Google Assistant melalui aplikasi IT Smart. Mungkin fungsi ini boleh diikutsertakan sebagai bonus cara alternatif mengoperasikan IT GS01.

Setelah terkoneksi dengan Google Assistant, kita bisa memerintahkan robot untuk menyapu atau mengepel, menyetopnya, hingga kembali ke dock, hanya dengan berbicara melalui Google Assistant. Kemampuan ini seolah melengkapi kesan futuristik alat seperti di rumah pintar dan modern berbasis Internet of Things

Pengalaman menggunakan IT GS01
Robot vacuum cleaner ini didukung teknologi navigasi dan pembersihan yang cukup bisa diandalkan untuk menjalankan fungsinya.

Berkat desainnya yang ramping, robot ini bisa dengan mudah masuk ke area sulit dibersihkan seperti di bawah sofa atau kolong kasur dan lemari.

IT GS01 juga pintar mendeteksi area curam, misalnya tangga. Saat berhadapan dengan area curam, robot akan berbalik arah sehingga tidak terjatuh. Namun untuk area yang ketinggiannya hanya berbeda tipis, misalnya undakan antara ruang keluarga dengan dapur ketinggian 2 cm, robot akan tetap menerjangnya. Jadi, disarankan menggunakan penghalang atau menutup pintu ruangan yang sedang dibersihkan agar robot fokus.

Alat pengisap pada robot dapat mengisap benda-benda berukuran kecil. Jadi, sebelum menggunakan alat ini, pastikan lantai sudah bebas dari benda-benda kecil seperti kabel-kabel, mainan anak, koin, keset, dan lain-lain.

Robot akan kesulitan bekerja jika pada area lantai terdapat kabel-kabel atau keset berumbai. Alat ini akan 'tersedak' dan secara otomatis berhenti. Jika terjadi demikian, kita perlu melepas barang yang menyangkut secara manual agar robot bisa bekerja lagi.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, IT GS01 punya tangki kering dan tangki basah untuk menyapu dan mengepel. Robot akan mendeteksi tangki yang digunakan dan menyesuaikan fungsi serta mode yang diaktifkan.

Saat mode mengepel, robot IT GS01 akan melakukan gerakan seperti menyeret kain pel ke seluruh penjuru ruangan. Untuk noda membandel di lantai, robot kesulitan membersihkannya meskipun sudah mengaktifkan fungsi 'Spot'. Alhasil, kembali ke cara manual untuk membersihkan noda semacam ini hingga benar-benar hilang.

Ketika digunakan dalam mode menyapu, robot biasanya kesulitan menjangkau area sudut ruangan. Namun hal ini bisa diakali dengan mengubah tingkat daya hisapnya khusus di area-area tersebut, agar debu dan kotoran tersedot.

Hasil penyedotan debu maupun pengepelannya terlihat cukup bersih walaupun memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan bersih-bersih secara manual. Dalam pengujian detikINET, butuh waktu sekitar 30-45 menit untuk membersihkan area ruangan seluas 25 - 30 meter persegi.

Untuk pemetaan cleaning area di aplikasi IT Smart memang tidak terlalu detail. Peta yang ditampilkan hanya jalur pembersihan robot secara kasar. Meski demikian, hal ini cukup membantu untuk mengetahui progres pembersihan ruangan.

Catatan lain, suara yang dihasilkan robot selama robot hilir mudik melakukan proses pembersihan terdengar cukup berisik, namun masih dalam batas yang bisa diterima.

Sumber : detik.com

0 comments: