Siapa Pemilik SilverQueen? Cokelat yang Pabriknya Ada di Garut

Jumat, Januari 06, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2023 01 05 455 2740788 siapa-pemilik-silverqueen-cokelat-yang-pabriknya-ada-di-garut-MuEDA9HYLC.jpegSiapa Pemilik SilverQueen? (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA – Siapa pemilik SilverQueen? salah satu cokelat favorit masyarakat Indonesia. Tidak hanya terkenal di dalam negeri, SilverQueen juga populer di luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina

Diketahui pabrik SilverQueen berada di kota Garut, Jawa Barat. Cokelat ini pun sangat mudah didapatkan di pasaran, baik supermarket kecil maupun besar sudah menjualnya.

Selain harganya yang terjangkau, SilverQueen juga dibuat menyesuaikan lidah orang Indonesia. Hal itu menjadi salah satu alasan kenapa SilverQueen mudah diterima masyarakat.

Merek ini juga menjajakan banyak varian cokelat. Mulai dari kacang mede, almond, white chocolate, dark chocolate, green tea, hingga buah-buahan.

Lantas siapa pemilik SilverQueen? Berikut ulasannya, dikutip Okezone dari berbagai sumber

SilverQueen yang menjadi favorit masyarakat ini didirikan oleh Ming Chee Chuang, Pengusaha Burma yang juga merupakan keturunan Tionghoa.

Pada 1950-an, Ming Chee Chuang yang dulu diketahui bertempat tinggal di Garut memilih untuk membeli perusahaan cokelat NV Ceres dari orang Belanda. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan besar pada masa kolonial Belanda.

Setelah mengambil alih perusahaan cokelat VN Ceres, Ming Chee Chuang merubah namanya menjadi PT Perusahaan Industri Ceres yang kini juga berada di bawah naungan PT Petra Food Limited.

Dari SilverQueen sebagai produk pertamanya, Ming Chee Chuang juga menciptakan merek cokelat yang tidak kalah terkenal yaitu M&M, Lotte, Kitkat, Cadbury, dan Toblerone.

Sampai akhirnya pada 1955 Ming Chee Chuang memilih untuk memindahkan pabriknya dari Garut ke Bandung. Perpindahan pabriknya bertepatan dengan momen Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung. Dari situ usaha cokelatnya dibandiri orderan.

Diketahui Ming Chee Chuang memiliki anak bernama John Chuang dan Joseph Chuang. Dia pun kemudian mewariskan bisnisnya kepada kedua anaknya.

Di bawah kepemimpinan mereka perusahaan cokelat keluarga itu sukses mengadaan bahan baku dari Thailand dan menjadi salah satu perusahaan besar di Indonesia.

PT Petra Food Limited yang juga merupakan milik anak-anak dari Chuang ini berkantor pusat di Singapura dan memproduksi berbagai produk seperti SilverQueen, Delfi, Ritz, Biskuit Selamat, Chunky, wafer Briko, Top dan juga meises Ceres.

Sumber : okezone

0 comments: