Siswa SMPN 1 Ciawi Jago Dansa: Dicibir lalu Banjir Dukungan Nadiem-Agnez Mo

Senin, Januari 23, 2023 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Devina Anindita, siswi SMPN 1 Ciawi yang video dansa dengan rekannya Keysha Aditia Putra Winardi jadi viral di media sosial mengaku sedih saat dicibir merusak generasi muda.

Padahal mereka berdua merupakan atlet cabang olahraga Dance Sport dalam Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat dan telah berlatih keras sehingga berhasil merebut medali emas.

"Sebenarnya sempat sedih juga karena mereka belum tahu perjuangan kita, tapi mereka malah ngejelek-jelekin. Apalagi sampai bilang generasi muda dirusak," kata Devina kepada awak media di kantor Diskominfo Kabupaten Bogor, Kamis (19/1/2023).

"Tetap semangat, tapi awalnya sempat kaget juga. Kita karena hobi nari juga ya awalnya. Terus ngelihat pelatih saya jadi semakin menginspirasi," kata dia.

Setelah sempat sedih, kini Devina dan Keysha kembali bersemangat karena ada banyak pihak yang memberi dukungan.

Keysha juga mengatakan mereka mulai menekuni dance sport sejak 2019 lalu. Keduanya pun mengaku senang saat diberi semangat oleh Agnez Mo.

"Sempat kaget di-DM, ngasih support, ngajak ketemuan. Orangnya ramah, baik. Dikasih masukan katanya, jadi ke depannya kalau kita sudah dewasa, terus ngelihat anak-anak seusia kita di-bully lagi, kita harus yang memberi support ke mereka biar mental mereka bagus," ujarnya.

Banjir Dukungan
Ketua Komisi X DPR: Pandangan Warganet Tak Sesuai Konteks
Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda mengatakan dua siswa SMP di Bogor ini memang atlet dance sport. Soal pandangan warganet yang mengaitkan keduanya dengan budaya luar, menurutnya pandangan ini tidak sesuai konteks.

"Ada beberapa hal menurut saya. Yang pertama apa yang di-performance-kan, apa yang ditunjukkan teman-teman SMP Bogor itu dipastikan mereka atlet dance sport," jelas Syaiful saat dihubungi wartawan, Senin (16/1/2023).

"Dan kebetulan mereka juara. Jadi saya kira konteksnya harus dilihat di sana. Jadi mereka atlet dan cabang olahraga dance sport, ini resmi dipertandingkan di Jawa Barat itu," lanjutnya.

Syaiful menilai warganet kerap kali membandingkan hal semacam ini dengan budaya luar negeri. Menurutnya ini tidak tepat.


Syaiful menegaskan warganet harusnya bisa menyerap hal positif apa pun yang berasal dari luar negeri. Dia berpandangan, yang terbaik adalah dengan cara mencari konvergensi atau titik temu terbaik pada konteksnya.

"Setelah dikonvergensikan nilai, value. Jadi dicari yang terbaik budaya luar yang ada. Jadi menurut saya, nggak bisa disalahkan, teman-teman tidak bisa disalahkan, terlebih mereka atlet. Cara pandang menghadap-hadapkan itu kurang relevan," pungkasnya.

Dukungan dari Mendikbud Nadiem
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim turut menunjukkan rasa bangga. Melalui Instagramnya, Nadiem mengunggah ulang potongan video Devina dan Keysha saat memperlihatkan tarian mereka di depan teman-teman satu sekolah.

"Bangga sekali dengan Keysha Aditia Putra Winardi dan Devina Anindita dari SMP 1 Ciawi yang bisa menari sekeren ini. Terus semangat untuk berkarya, berprestasi dan mengejar mimpi," kata Nadiem, Rabu (18/1/2023).

Pendiri Gojek itu juga menyematkan foto Keysha dan Devina saat keduanya memegang sertifikat dan medali dalam Pekan Olahraga Provinsi lalu.

Plt Bupati Bogor Sayangkan Narasi Negatif
"Terkait viral siswa yang dansa di SMP Negeri 1 Ciawi, saya sangat menyayangkan dengan narasi negatif yang beredar. Itu sangat tidak berdasar," kata Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan kepada awak media, Rabu (18/1/2023).

Iwan menegaskan faktanya Devina dan Keysha adalah atlet kebanggan Kabupaten Bogor. Dia sendiri pada 2019 lalu ikut mendorong cabang olahraga dance sport agar berkembang.

Menurutnya narasi negatif tidak berdasar cukup berbahaya. Dia meminta masyarakat untuk memeriksa kebenaran informasi agar tidak merugikan orang lain.

"Narasi-narasi negatif yang tak berdasar itu cukup berbahaya ya, bisa menimbulkan dampak psikologis. Ini yang repot jika terjadi. Makanya saya meminta masyarakat untuk tidak asal menyebar informasi, periksa dulu kebenarannya. Jangan sampai malah merugikan orang lain," ungkapnya.

Tak lupa, Iwan mengajak supaya masyarakat lebih bijak dalam menyebarkan informasi. "Kita dukung anak-anak kita yang berprestasi agar bisa lebih percaya diri, lebih gemilang lagi," ucapnya.

Diundang Agnez Mo
Pada Kamis (19/1/2023) kemarin, Agnez Mo bertemu dengan dua siswa SMPN 1 Ciawi atlet dance sport itu.

"Oke jadi hari ini aku ketemu dengan kedua orang yang jago banget ngedance, seperti janji aku, aku mau ketemu langsung dan memberikan ucapan selamat kepada mereka," kata Agnez Mo dalam akun Instagramnya, Kamis (19/1/2023).

Pada kesempatan ini, penyanyi tersebut turut mempersilakan Devina dan Keysha untuk menunjukkan bakat mereka. "Wow," ungkap Agnez.

Sebelumnya, Agnez Mo memang menyatakan keinginan untuk bertemu langsung dengan keduanya. "Tolong temukan mereka jadi aku bisa secara personal memberi ucapan selamat," ujarnya dalam Instagram story (17/1/2023).

Agnez Mo menegaskan bahwa memiliki prestasi adalah sesuatu yang membanggakan. "Bukan sesuatu yang harus disembunyikan atau bahkan dibikin 'malu'," imbuhnya.

Agnez Mo menyayangkan jika ada netizen yang memandang negatif prestasi kedua siswa SMPN 1 Ciawi ini. Dia pun sempat berpendapat di akun Instagram sekolah tersebut.

"Hi, :) @smpn1ciawi_bogor this is Agnez Mo. Kalo boleh, sepertinya punya prestasi itu bukan sesuatu yang harus "minta maaf" kok. Punya anak perprestasi itu dibanggakan aja.. :) krn menurut saya, biar itu bisa boost their confidence. Justru malah, yang kaya gini harus dibanggakan oleh sekolahnya, biar bisa jadi contoh jg buat yang lain, bahwa BERPRESTASI itu lebih penting dibandingkan hanya go viral aja. Go viral karena PRESTASI itu sesuatu hal yang harus dibanggakan.. so please please please, support them always, and stand on their sides pada saat ada oknum2 tertentu dengan closed and judgmental minds yang pengen menjatuhkan mereka. This is truly important. Kalo boleh, please let me know their contacts/IG. I want to congratulate them," paparnya.

Sumber : detik.com

0 comments: