Taman Pracima Tuin Mangkunegaran: Daya Tarik, Fasilitas dan Tiket Masuk

Senin, Januari 23, 2023 Majalah Holiday 0 Comments


https: img.okezone.com content 2023 01 22 408 2750943 taman-pracima-tuin-mangkunegaran-daya-tarik-fasilitas-dan-tiket-masuk-vkgVHUvFoV.JPG

TAMAN Pracima Tuin di Kompleks Pura Mangkunegaraan, Solo, Jawa Tengah kini bisa jadi alternatif tujuan wisata budaya saat berkunjung ke kota Solo.

Setelah rampung dengan revitalisasi, Taman Pracima Tuin akhirnya diresmikan pada Sabtu 21 Januari 2023 kemarin, dan dihadiri oleh Raja Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA), Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan juga Menteri BUMN Erick Thohir.

Taman seluas seribu meter persegi ini terinspirasi dari taman kerajaan yang dibangun pada era pemerintahan Sampeyan-dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (S.I.J.K.G.P.A.A.) Mangkoenagoro VII.

Daya tarik Taman Pracima Tuin

Sesuai dengan namanya taman Pracima terletak di bagian barat Mangkunegaraan. Taman Pracima juga dilengkapi dengan bangunan-bangunan di dalamnya, seperti Pracimasana, Pracimaloka, dan Pracimawisik, yang direncanakan menjadi wadah pengembangan kesenian, kolaborasi budaya, pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta kuliner khas Mangkunegaran.

Infografis Fakta Unik Pura Mangkunegaran

Pengunjung juga bisa menikmati hidangan khas dari Mangkunegaraan, dari restoran yang ada di dalam kompleks taman Pracima. Beberapa diantaranya adalah brubus dan dendeng age.

Kota wisata berkelanjutan

Revitalisasi yang dilakukan pada taman Pracima merupakan salah satu upaya pengembangan kebudayaan Jawa, khususnya Mangkunegaran berkelanjutan.

Hal tersebut diwujudkan dalam Renewable Energy Certificate (REC) yang digunakan oleh Istana Pura Mangkunegaran sebagai bentuk komitmen Istana dalam mendorong masifnya penggunaan energi bersih. REC sendiri adalah salah satu inovasi produk hijau miliki PLN dimana penggunaannya tidak menghasilkan gas emisi.

Tak hanya dijadikan sebagai pusat kebudayaan, tetapi juga pelestarian lingkungan. Seperti menanamkan pesan-pesan penggunaan energi bersih berdampingan dengan pesan pelestarian kebudayaan sehingga masyarakat lebih perhatian terhadap isu lingkungan.



Fasilitas

Selain tertata sangat rapi dan ditumbuhi pepohonan hijau di kawasan sekitar taman. Adapun beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung antara lain seperti area parkir, berbagai spot foto, bangku-bangku taman, air mancur utama, dan restoran yang menyajikan berbagai menu khas Mangkunegaran.

Tiket masuk

Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati wisata budaya dan keindahan taman Pracima Tuin sejauh ini tidak dipungut biaya sepeser pun. Hal tersebut dapat berubah sesuai dengan ketentuan pemerintah setempat.

Namun, untuk memasuki kawasan Pura Mangkunegaran pengunjung biasanya diharuskan membayar Rp20.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp40.000 untuk wisatawan asing. Wisata taman Pracima Tuin dapat dikunjungi mulai pukul 08.00-17.00 WIB.


Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: