Tips agar Tetap Tenang Saat Menghadapi Tekanan Pekerjaan

Selasa, Januari 24, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Mungkin ada saat-saat di sepanjang kariermu di mana kamu memiliki beban kerja yang berat untuk dikelola. Memang beban dan tuntutan pekerjaan ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari begitu kamu terjun ke dunia kerja yang profesional.
Kamu akan dihadapkan pada berbagai target, tantangan, bahkan konflik yang menuntutmu untuk mampu bekerja di bawah tekanan.
Tapi daripada kamu hanya menghabiskan waktu yang berharga untuk stres karena tenggat waktu, ada beberapa strategi yang dapat membantu kamu tetap fokus dan produktif. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan, simak ya.

Terapkan kebiasaan sehat

Menjalani gaya hidup sehat dapat membantumu meredakan tingkat stres dan tetap fokus sepanjang hari kerja. Dengan datang ke tempat kerja dalam keadaan cukup istirahat, kamu mungkin memiliki energi tambahan untuk mengerjakan tugas-tugas yang lebih menantang.
Begitu juga dengan mengonsumsi makanan sehat sepanjang hari akan memberikan stamina yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugasmu. Olahraga dapat membantumu mengatasi perasaan stres karena membantu tubuh kamu melepaskan endorfin yang meningkatkan perasaan positif.

Atur prioritas

Di awal setiap hari kerja, kamu bisa mengkaji daftar tugasmu terlebih dahulu, sesuaikan tugas-tugas berdasarkan mana yang memiliki prioritas tertinggi.
Dengan bersikap realistis tentang apa yang harus kamu selesaikan dalam sehari, kamu dapat membuat alur kerjamu lebih mudah diatur. Mengatur prioritas juga memberi kamu kesempatan untuk menyesuaikan jadwal atau merekrut bantuan jika kamu merasa jadwal sudah penuh.

Fokus pada saat ini

Bolak-balik antar tugas dapat menghabiskan lebih banyak waktu dan membatasi fokusmu. Daripada mencoba melakukan banyak tugas, arahkan perhatianmu pada satu tugas atau proyek dalam satu waktu.
Tahan keinginan untuk mengkhawatirkan hal berikutnya dalam daftar tugas kamu dan fokuslah pada apa yang sedang kamu kerjakan saat ini. Ingatkan dirimu bahwa sebelum kamu dapat melanjutkan ke tugas berikutnya, kamu harus menyelesaikan tugas yang sedang kamu kerjakan. Hidup dengan pola pikir saat ini dapat membantumu meningkatkan fokus dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.

Pikirkan tujuan akhir


Ketika kamu mengalami minggu yang sangat sibuk dengan pekerjaan, kamu bisa tetap tenang dengan memikirkan potensi hasil dari semua kerja keras. Entah itu menikmati akhir pekan yang santai atau meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan promosi, memikirkan tujuan akhir dapat membantumu mengembangkan sikap yang lebih baik tentang apa yang perlu kamu lakukan. Jika kamu merasa pekerjaan ini membutuhkan lebih banyak arahan, luangkan waktu sejenak untuk membuat beberapa tujuan untuk dirimu sendiri.

Beristirahat sejenak

Beristirahat sejenak di sela-sela pekerjaan dapat membantumu menenangkan pikiran dan mengatur ulang tingkat energi. Jika kamu bisa, pertimbangkan untuk berjalan-jalan selama 15 menit di luar ruangan untuk menghirup udara segar.
Gunakan ini sebagai kesempatan untuk membiarkan pikiranmu mengembara ke hal-hal di luar pekerjaan. Kamu bahkan bisa mengatur pengatur waktu untuk membantumu fokus pada dirimu sendiri, bukan pada jam.
Jika kamu adalah orang yang suka bersosialisasi, menggunakan waktu istirahat untuk mengobrol dengan rekan kerja juga dapat mengurangi tingkat stres. Pertimbangkan untuk membicarakan topik-topik ringan yang membuat kamu bahagia.

Memproses apa yang kamu rasakan

Sebelum kamu dapat menenangkan diri, kamu harus membiarkan diri memproses apa yang sedang dirasakan. Alih-alih mengabaikan tingkat stres, cari penyebabnya mengapa kamu merasa stres.
Mungkin kamu memiliki lebih banyak pekerjaan daripada yang dapat kamu kelola. Dengan merefleksikan situasi dan emosi, kamu dapat menemukan solusinya. Menemukan solusi untuk diri sendiri dapat membantumu merasa lebih tenang dan siap untuk kembali bekerja.

Berlatihlah bernapas dalam-dalam


Ketika jantungmu mulai berdegup kencang, menjauhlah sejenak dari pekerjaan untuk bernapas. Cari tempat yang tenang di mana kamu bisa memejamkan mata dan fokus pada napas. Bahkan meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan latihan pernapasan dalam dapat membantumu mengatur ulang pikiran dan merasa lebih tenang.

Renungkan hal-hal positif

Ketika kamu berada di bawah tekanan, fokus pada hal-hal positif dapat membantumu merasa lebih baik dalam memenuhi kewajiban. Misalnya, jika kamu merasa tertekan karena harus memimpin presentasi, ubahlah pola pikirmu untuk melihat hal ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum.
Dengan menganggap tantangan sebagai kesempatan untuk berkembang, kamu dapat meyakinkan diri sendiri bahwa ini adalah situasi yang positif untuk kariermu. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa belajar untuk memiliki pola pikir yang lebih positif secara alami.

Batasi apa yang kamu lakukan


Jika kamu sudah merasa tertekan, tetapkan beberapa batasan untuk diri sendiri. Tidak masalah untuk mengatakan: "Saya sebenarnya cukup sibuk saat ini, tetapi saya akan senang membantu Anda di lain waktu."

Sumber : kumparan.com

0 comments: