Tips Agar Tubuh Ibu Hamil Tetap Nyaman saat Beraktivitas

Rabu, Januari 11, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

ibu hamil duduk di lantai Foto: Shutterstock
Seiring bertambahnya usia kehamilan, biasanya ibu hamil kerap mengeluhkan beberapa hal. Mulai dari suasana hati yang tidak menentu, hingga nyeri di bagian tubuh tertentu. Rasa nyeri yang paling sering muncul pun terletak pada bagian pinggang.
Ya Moms, sakit pinggang pada ibu hamil biasanya terjadi karena peningkatan hormon-hormon yang dilepaskan saat hamil. Selain itu, postur tubuh yang tidak baik, seperti terlalu sering berdiri atau membungkuk juga bisa memicu terjadinya nyeri pinggang. Oleh karena itu, tak heran bila wanita kerap menjadi malas selama kehamilan.
Ilustrasi ibu hamil tidur dan bermimpi. Foto: Syda Productions/kumparan
Kendati demikian, aktivitas ibu hamil memang perlu menyesuaikan kondisi kesehatan tubuhnya. Jika Anda sering merasa kelelahan setelah beraktivitas ringan, memilih untuk banyak istirahat sepertinya pilihan yang tepat. Namun, jika kehamilan tergolong normal dan sehat, Anda disarankan untuk tetap aktif bergerak agar sistem kekebalan tubuh meningkat dan semakin bugar. Tak hanya itu, aktif bergerak saat hamil pun juga berpengaruh pada kesehatan janin di dalam kandungan, Moms.
Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan bila ibu hamil ingin aktif bergerak?

Cara Agar Tubuh Ibu Hamil Tetap Nyaman saat Beraktivitas

1. Postur tubuh saat duduk
Saat hamil, Anda perlu memperhatikan agar tulang belakang dan bahu tetap lurus saat duduk. Untuk postur tubuh yang lebih baik, miringkan panggul ke depan agar punggung tidak kendur. Jaga kedua kaki Anda agar menyentuh permukaan bawah dan hindari menyilangkan kaki karena bisa mengganggu sirkulasi darah.
2. Postur tubuh saat berdiri
Jaga agar kaki Anda sedikit terbuka saat berdiri. Pegang lutut dalam posisi duduk santai sambil menahan bahu agar tidak membungkuk. Hal ini dilakukan agar berat badan tidak bertumpu pada salah satu kaki saja.
3. Postur tubuh saat berkendara
Anda dapat menggunakan bantal kecil atau gulungan handuk untuk menopang punggung Anda. Sesuaikan kursi pengemudi sedemikian rupa sehingga terdapat jarak antara setir dan perut Anda. Letakkan lutut lebih tinggi atau sejajar dengan pinggul.

Sumber : kumparan.com

0 comments: