Tips Atasi Nyeri Rahang saat Hamil

Jumat, Januari 13, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi ibu hamil sakit rahang. Foto: Thinkstock
Ada berbagai perubahan pada tubuh yang kerap dirasakan ibu hamil. Misalnya, perasaan menjadi lebih sensitif, rambut rontok, sering buang air kecil, keringat berlebihan, dan tentunya perubahan postur tubuh. Apakah Anda mengalaminya, Moms?
Selain perubahan di atas, beberapa ibu hamil ada pula yang mengalami nyeri rahang. Kondisi ini umumnya disertai dengan kesulitan mengunyah dan membuka mulut, hingga bengkak di salah satu wajah.
Dikutip dari Mom Junction, sebagian besar kasus ini disebabkan karena perubahan hormon. Ya Moms, hormon kehamilan dapat menyebabkan persendian pada tubuh ibu hamil meregang. Sehingga, hal ini menimbulkan rasa nyeri, terutama pada rahang bagian bawah. Di samping itu, beberapa faktor lain, seperti abses gigi, morning sickness, kekurangan kalsium, dan posisi tidur, juga bisa memicu nyeri rahang pada ibu hamil.
Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

5 Cara Atasi Nyeri Rahang saat Hamil

1. Hindari makanan keras
Untuk mengurangi tekanan di mulut, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang keras dan menggantinya dengan makanan lunak. Misalnya, nasi diganti bubur, telur direbus, tahu, dan buah-buahan dibuat menjadi jus.
2. Kompres es batu
Kompres rahang menggunakan es batu atau air dingin untuk mengurangi pembengkakan dan kejang otot.
3. Kurangi gerakan mulut
Cobalah untuk tidak menguap, tertawa, atau berteriak terlalu keras. Hindari makanan tertentu yang disajikan utuh, potong makanan menjadi potongan-potongan kecil, sehingga tidak perlu membuka mulut lebar-lebar.
4. Ubah posisi tidur
Hindari tidur hanya miring ke satu posisi saja. Kemudian, gunakan bantal yang empuk agar tidak menekan rahang terlalu keras.
5. Ubah postur tubuh
Hindari membungkuk terlalu lama karena dapat membuat otot leher tegang dan menyebabkan nyeri rahang. Sebaiknya gunakan penyangga bantal agar leher ditopang dengan baik.
Kendati demikian, jika rasa nyeri tak kunjung berkurang, sebaiknya konsultasikan pada dokter spesialis gigi. Dokter akan mengevaluasi kondisi Anda dan menyarankan berbagai pengobatan yang aman untuk ibu hamil. Mulai dari terapi rahang, pijat, akupunktur, dan perawatan saluran akar gigi jika disebabkan oleh abses gigi.




Sumber : kumparan.com

0 comments: