Tips Bagaimana Cara Merawat Taman di Rumah agar Lebih Asri

Sabtu, Januari 07, 2023 Majalah Holiday 0 Comments


https://pixabay.com/id/users/ritae-19628/ - bagaimana cara merawat taman
Halaman rumah yang masih memiliki sisa ruang cukup lapang akan sangat bermanfaat bila digunakan sebagai taman. Meskipun bukan taman dalam skala besar, hal ini tetap bisa menimbulkan kesan indah, hijau, dan asri dari rumah tersebut. Namun, nyatanya tidak semua orang yang memiliki taman tahu bagaimana cara merawat taman di halaman rumah tersebut.

Bagaimana Cara Merawat Taman di Rumah?

Berikut beberapa tips bagaimana cara merawat taman di rumah seperti dikutip dari buku Mendesain, membuat, dan merawat taman rumah, Mona Sintia, 2004, AgroMedia.
  • Siram tanaman dengan air secukupnya. Hal yang penting dari menyiram tanaman adalah waktu dan jumlah yang tepat. Jangan terlalu sering, jangan pula terlalu jarang. Selain itu, siramlah dengan komposisi air yang tepat. Jangan sampai banjir, tapi tetap cukup mengairi.
  • Pastikan pencahayaan alami yang cukup. Tanaman memang membutuh cahaya matahari untuk melakukan proses fotosintesis. Namun, tidak semua tanaman bisa hidup dengan baik di tempat yang minim pencahayaan langsung atau malah terlalu banyak terpapar sinar matahari.
  • Rawat pohon. Jika terdapat beberapa pohon, usahakan Anda merawatnya dengan baik. Jangan ragu untuk memotong ranting atau batang pohon yang memiliki potensi bahaya bila terkena angin atau petir.
  • Pastikan taman tetap bersih, dengan cara rutin membersihkan sampah daun kering yang berserakan. Sapulah seluruh sudut taman agar terlihat bersih, rapi, dan tidak berantakan.
  • Jaga kelembabannya. Segera bereskan genangan-genangan air yang mungkin ada akibat hujan ataupun sisa air yang digunakan untuk menyiram tanaman. Tujuannya agar taman terlihat lebih bersih, tidak terkesan jorok dan kotor.
  • Ganti tanah atau media tanam sekaligus dengan pot secara berkala. Tujuannya agar tanaman yang tumbuh di taman Anda bisa tetap terlihat rapi dan tidak berantakan.
  • Lekas ganti tanaman yang sudah mati, karena tanaman yang rusak dan mati dapat menggangu pemandangan dari taman.
Demikian beberapa tips bagaimana cara merawat taman yang baik di halaman rumah. Semoga informasinya bermanfaar.



Sumber : kumparan.com

0 comments: