Tips Membangun Kepercayaan Saat Jalani Hubungan Jarak Jauh

Kamis, Januari 05, 2023 Majalah Holiday 0 Comments

Hal unik yang bisa dilakukan bersama pasangan selama LDR sementara saat corona. Foto: Shutterstock

Setiap hubungan pasti memiliki banyak jenis dan situasi yang rumit. Tapi apa pun jenis dan situasi ini, untuk menghadapi semuanya membutuhkan kesabaran, komunikasi yang efektif, adanya komitmen dan yang terpenting kepercayaan.
Hubungan jarak jauh menjadi situasi tersulit yang bisa kamu hadapi, dibutuhkan lebih banyak upaya untuk menjaga semuanya agar bisa berjalan dengan baik antara kamu dan pasangan, karena mengeskpresikan apa yang kamu rasakan akan lebih sulit saat berhubungan jarak jauh.
LDR atau Long Distance Relationship memang enggak mudah dan enggak semua orang bisa menghadapinya, sehingga kamu harus cukup dewasa dan tangguh untuk menghadapi semua kesulitan itu. Lantas, bagaimana cara untuk membangun kepercayaan dalam hubungan jarak jauh? Berikut beberapa tipsnya.

Kenali satu sama lain dengan baik

Tanyakan tentang apa yang dia sukai, seperti makanan kesukaannya, ke mana dia ingin berpergian, apa yang dia benci atau apa pun yang ingin kamu ketahui tentang dia. Cobalah untuk mendengarkan dengan penuh perhatian kalau dia menceritakan sesuatu kepadamu karena hal ini akan membuat mereka tertarik untuk menceritakan lebih banyak tentang diri mereka sendiri.
Tapi jangan hanya membiarkan pasanganmu melakukan semua pembicaraan, kamu juga harus menceritakan hal-hal tentangmu untuk menjaga percakapan tetap berjalan. Saling menceritakan hal-hal pribadi akan membawa lebih banyak kegembiraan dalam hubunganmu.

Berkomunikasi setiap hari

Mungkin sulit untuk berkomunikasi dengan pacarmu karena zona waktu yang berbeda atau kamu berdua terlalu sibuk ataupun lainnya. Tapi kamu setidaknya harus menemukan waktu untuk berbicara satu sama lain. Karena komunikasi yang teratur adalah kunci untuk mempertahankan hubunganmu.
Kamu bisa memberikan kabar terbaru seperti jika kamu ingin pergi keluar dengan teman-temanmu atau mengabarinya saat kamu baru saja tiba di kantor. Mengabari hal-hal kecil seperti ini akan membuat pasanganmu tahu apa yang sedang terjadi dalam hidup kamu. Kemudian, untuk memperdalam komunikasi kamu dan pasangan juga bisa menyepakati satu hari untuk kalian berbicara dan mengejar semua yang ingin kalian ceritakan satu sama lain.

Bersikaplah terbuka dengan pasanganmu

Hubungan yang terbuka dan jujur adalah hubungan yang sehat. Oleh karena itu, jangan takut untuk terbuka tentang apa yang membuatmu khawatir atau tentang masalah yang tidak bisa kamu tangani, hal ini juga berlaku untuk pasanganmu, ya.
Kalau dia merasa tidak enak atau frustrasi tentang sesuatu, seharusnya mereka akan merasa nyaman untuk membuka diri kepadamu. Karena pasanganmu perannya bukan sebagai kekasih saja, tapi dia juga bisa menjadi sahabat, jika kamu berdua ingin berbicara secara terbuka tentang apa yang kamu rasakan. Jujurlah sepenuhnya dengan pasanganmu dan percayalah bahwa dia akan bersamamu selalu.

Beri pasangan waktu untuk diri mereka sendiri

Meskipun kamu terpisah jarak dan mungkin ingin menghabiskan setiap menit berbicara satu sama lain, kamu juga harus memberinya ruang dan waktu untuk kehidupannya sendiri. Jangan menuntut waktu mereka dan jangan terlalu posesif terhadap pasanganmu karena dia mungkin merasa kamu sudah terlalu mengontrol.
Dia juga memiliki hal-hal penting lainnya yang harus dilakukan dan kamu enggak bisa mengharapkan mereka untuk menghabiskan seluruh waktunya untukmu.

Jangan berasumsi hal-hal negatif tentang apa yang dia lakukan

Mungkin nanti akan datang suatu kejadian di mana kamu akan bingung atau khawatir tentang apa yang dia lakukan. Mereka mungkin tidak menelepon atau memberitahumu hal-hal yang menyakitkan secara tidak sengaja, tetapi jangan langsung mengambil kesimpulan ya.
Sebaliknya, asumsikan bahwa ternyata ada penjelasan yang masuk akal tentang apa pun yang dia lakukan. Mungkin mereka hanya mengalami waktu yang sulit atau terlalu sibuk. Kemudian, kamu bisa menanyakan kepadanya secara langsung tentang hal itu, karena itu akan membantumu tidak terlalu khawatir selanjutnya.

Miliki belas kasih dan pikirkan situasi pasanganmu

Mempertimbangkan situasi pasanganmu juga berarti kamu harus mengendalikan perasaanmu. Mempertimbangkan situasi pasanganmu juga berarti kamu harus mengendalikan perasaanmu. Buatlah mereka merasa sedikit lebih ringan terutama ketika kamu tahu bahwa hidup ini sedikit terlalu berat baginya.
Biarkan dia beristirahat jika kamu tahu mereka terlalu lelah untuk berbicara. Kamu bisa menyimpan ceritamu dan menceritakannya kepada mereka di lain waktu. Dengan melakukan hal ini, akan membantumu untuk lebih memahami dan menyelamatkanmu juga dari pertengkaran.

Bicarakan kesalahpahaman dengan tenang

Dalam setiap hubungan, akan selalu ada argumen yang enggak sependapat sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Ketika hal ini terjadi, kamu bisa tarik napas dalam-dalam, tetap tenang, dan bicarakan secara rasional untuk menghindari situasi yang lebih buruk. Berusahalah untuk memahami sisinya, dan jelaskan kepada mereka apa yang kamu rasakan.
Baik kamu dan pasangan juga harus bekerja sama untuk menemukan solusi yang akan membuat kalian berdua bahagia. Jangan biarkan pertengkaran membuatmu dan pasangan terpecah belah, sebaliknya biarkan itu menjadi kesempatan untuk membantu kamu dan pasangan menjadi lebih dewasa dalam menghadapi kesulitan apa pun dan membangun fondasi yang lebih kuat untuk hubunganmu.

Selalu katakan yang sebenarnya, tidak peduli betapa menyakitkannya

Kebohongan adalah salah satu alasan utama mengapa hubungan jarak jauh gagal dan berakhir. Mengatakan kebenaran mungkin enggak mudah dilakukan tetapi itu adalah pilihan yang paling aman. Pacar kamu mungkin terluka mendengar kebenaran darimu, tetapi itu lebih baik daripada mendengar kebohongan yang akan lebih menyakiti mereka, bahkan lebih menyakitkan lagi, mengetahui bahwa orang yang mereka cintai dan percayai berbohong kepada mereka.
Jangan membuat mereka meragukanmu karena keraguan sama saja dengan merusak kepercayaan. Jujurlah kepada kekasihmu, karena itu akan membuat mereka lebih menghargaimu karena membuat keputusan yang lebih baik untuk hubunganmu.

Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: