Wah, Xbox Bisa Dipakai Main Game GameCube dan Wii

Rabu, Januari 25, 2023 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Xbox Series S dan X ternyata bisa dipakai memainkan game jadul dari Nintendo GameCube dan Wii. Lho, kok bisa?

Hal ini dimungkinan karena duo Xbox tersebut bisa menjalankan aplikasi dengan format Universal Windows Platform (UWP). Dan baru-baru ini, pengembang bernama SirMangler, mengubah Dolphin Emulator menjadi aplikasi dengan format tersebut.

Alhasil Dolphin Emulator pun bisa dijalankan di Xbox, dan berfungsi dengan baik saat dipakai memainkan game jadul Nintendo di platform GameCube dan Wii. Sebagai informasi, Dolphin Emulator adalah software emulator populer di Windows yang biasanya dipakai untuk memainkan game-game jadul di PC.

Dalam video yang diposting di YouTube oleh Modern Vintage Gamer, terlihat dua konsol modern Microsoft itu menjalankan game GameCube dengan resolusi yang di-upscale ke 1440p, contohnya game Eternal Darkness: Sanity's Requiem dengan HD texture pack, yang bisa dijalankan dengan mulus lewat sebuah flash disk.

Sebenarnya aplikasi UWP tersebut juga bisa dijalankan di Xbox One dan Xbox One X, namun tampaknya kedua konsol tersebut tak punya kemampuan yang cukup untuk mengemulasi game-game jadul, yang memang membutuhkan kemampuan ekstra untuk bisa ditampilkan dengan mulus.


Menariknya lagi, game jadul yang bisa dimainkan tak cuma dari GameCube dan Wii. Game jadul dari PS2, yang bahkan tak bisa dimainkan di PS5, bisa dimainkan di Xbox menggunakan software RetroArch.

Metode serupa juga bisa dipakai memainkan game jadul tersebut menggunakan konsol handheld seperti SteamDeck, yang ternyata punya kemampuan mencukupi untuk software emulator, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (23/1/2023).

Tentu saja untuk memainkan game jadul ini, baik di SteamDeck ataupun Xbox, anda perlu file ISO atau ROM dari game yang dimainkan.

Sumber : detik.com

0 comments: