Warga Desa di Klaten Terima Ganti Rugi Tol Rp 450 M, Bangun Rumah Baru

Kamis, Januari 12, 2023 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments

Warga Desa Joton, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah, diguyur uang ganti rugi (UGR) proyek tol Jogja-Solo total senilai Rp 450 miliar. Desa Joton menjadi wilayah terdampak proyek tol Jogja-Solo paling luas se-Klaten.


"Kalau total nilai keseluruhan yang nanti dibayarkan Rp 450 miliar lebih. Paling luas yang terdampak se-Kabupaten Klaten karena ada 28 hektare," kata Kades Joton, Aris Gunawan, di kantornya, seperti dilansir detikJateng, Kamis (12/1/2023).

Aris menjelaskan, dana sebesar itu dialokasikan pemerintah untuk membayar 321 bidang tanah. Pencairan UGR untuk desanya dibagi dua tahap.

"Pencairan tahap satu selama tiga hari dari hari Selasa kemarin sampai Kamis terbayar 206 bidang. Sisanya mungkin nanti dibayarkan tahap kedua, yaitu bulan Maret," jelasnya.


Lahan yang terdampak di desanya, lanjut Aris, mayoritas adalah sawah. Namun ada juga permukiman sekitar 90 keluarga yang kena proyek tol Jogja-Solo.

"Banyak sawah tapi warga yang harus relokasi sekitar 90 lebih KK yang harus pindah. Ada yang sudah mulai pindah dan membangun rumah," ujarnya.

Sumber : detik.com

0 comments: